penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember.

ROFIQOH, FAIQOTUR (2021) penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIQOTUR ROFIQOH_T20174009.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing adalah pembelajaran pembelajaran yang menggunakan gelundungan kertas yang dibentuk seperti bola salju yang berisi pertanyaan yang kemudian dilemparkan kepaada kelompok temannya dengan tujuan kelompok teman tersebut menjawab pertanyaan yang ada di gelundungan bola yang berisi pertanyaan tersebut. Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam Pembelajaran tematik terpadu di kelas III MIMA 42 Hidayatud DiniyahWuluhan Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember?, 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember?, 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember?, 3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III MIMA 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Jember?. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan kondensasi data (Condensation), Penyajian data (Display), penarikan kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru membuat perencanaan sebelum pembelajaran berlangsung, diantaranya: silabus, RPP, dan mempersiapkan materi. 2) Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup atau akhir. 3) Evaluasi kegiatan pembelajaran ini dilakukan setiap persubtema yaitu dengan cara memberikan evaluasi tes tulis berupa soal-soal yang ada di buku siswa serta memberikan pekerjaan rumah mengenai materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:19
Last Modified: 08 Aug 2022 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item