Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Penyesuaian Sosial Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Tompokersan Kabupaten Lumajang.

MUHIMMATIL UDHIAH, FAIQOTUL (2022) Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Penyesuaian Sosial Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Tompokersan Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIQOTUL MUHIMMATIL UDHIAH_D20173013.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pola asuh adalah upaya yang diberikan orangtua dalam hal mendidik anak saat anak kecil hingga tumbuh menjadi dewasa yang diharapkan kedua orangtua. Pola asuh demokratis adalah pola asuh baik untuk diterapkan kepada anak dalam tumbuh kembang serta dalam keberhasilan penyesuaian sosial terlebih pada anak berkebutuhan khusus disini yaitu tuna rungu. Anak adalah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada orangtua. Tidak ada makhluk yang sempurna namun, apapun yang diberikan Allah SWT adalah hal terbaik berupa rahmat seorang anak dapat menjadi sempurna dimata kedua orangtua dengan mensyukuri karunia seorang anak di dalam rumah tangga. Rumusan masalah ini adalah bagaimana hubungan pola asuh demokratis dengan penyesuaian sosial anak tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Tompokersan Kabupaten Lumajang? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan penyesuaian sosial anak tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Tompokersan Kabupaten Lumajang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa penyandang tuna rungu di Sekolah Luar BiasaNegeri Tompokersan Kabupaten Lumajang dan sampel penelitian sebanyak 39 anak tuna rungu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan penyesuaian sosial anak tuna rungu yaitu bahwa nilai sig 0,101 > 0,05dengan korelasi 0,266 dengan tingkat hubungan lemah. Yang artinya Ha ditolak dan H0diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:20
Last Modified: 08 Aug 2022 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item