Problematika Perjanjian Utang Piutang Dengan Identitas Pihak Ketiga Di Desa Genitri Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang

NINGRUM, ISMA (2021) Problematika Perjanjian Utang Piutang Dengan Identitas Pihak Ketiga Di Desa Genitri Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ISMANINGRUM_S20172008.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perjanjian utang piutang yang terjadi di Desa Genitri Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang dilakukan secara tertulis, antara pihak pertama dan pihak kedua. Dalam melakukan suatu perjanjian masyarakat Desa Genitri Lor sering menggunakan jaminan berupa identitas berupa KTP dan KK milik pihak ketiga, yang mana nantinya jika pihak kedua melakukan suatu wanprestasi maka yang berhak bertanggung jawab dalam hal tersebut adalah pihak ketiga. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana fakta penggunaan identitas pihak ketiga dalam perjanjian utang piutang di Desa Genitri Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang? 2. Bagaimana akibat hukum penggunaan identitas pihak ketiga terhadap perjanjian utang piutang di Desa Genitri Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang? 3. Bagaimana penyelesaian kasus wanprestasi akibat penggunaan identitas pihak ketiga terhadap perjanjian utang piutang di Desa Genitri Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis, 1. Untuk mengetahui fakta penggunaan identitas pihak ketiga dalam perjanjian utang piutang. 2. Untuk mengetahui akibat hukum dari penggunaan identitas pihak ketiga terhadap perjanjian utang piutang. 3. Untuk mengetahui penyelesaian kasus wanprestasi akibat penggunaan identitas pihak ketiga terhadap perjanjian utang piutang. Jenis dan Pendekatan penelitian ini adalah jenis penelitian hukum normatif empiris (applied normative law), yaitu penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi kekuatan normatif (Perspektif Hukum Perdata). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau fiel research. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa, 1. Penggunaan identitas pihak ketiga sebagai jaminan dalam melakukan suatu perjanjian utang piutang di Desa Genitri Lor, belum terdapat aturan dalam KUH Perdata, dan jika penggunaan sudah dimaksutkan dari awal maka masuk dalam pengaturan penipuan. 2. Akibat hukum dari penggunaan identitas pihak ketiga sebagai jaminan adalah ganti kerugian yang akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak yang dijadikan jaminan jika orang yang meminjam tersebut wanprestasi. 3. Penyelesaian permasalahan yang perjanjiannya dilakukan secara tertulis dapat diselesakan dengan jalur hukum ataupun jalur negosiasi, dan dalam permasalahan ini ditempuh dengan jalur negosiasi antar pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:59
Last Modified: 08 Aug 2022 04:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12120

Actions (login required)

View Item View Item