Qadhaf di Media Sosial Facebook dan Dampaknya Bagi Keharmonisan Keluarga Perspektif Fiqh Kontemporer (Kitab Fiqhul Islam Wa Adillatuhu Karya Wahbah Al-Zuhaili) .

Anisa, Siti Nur (2021) Qadhaf di Media Sosial Facebook dan Dampaknya Bagi Keharmonisan Keluarga Perspektif Fiqh Kontemporer (Kitab Fiqhul Islam Wa Adillatuhu Karya Wahbah Al-Zuhaili) . Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Anisa_S20171010.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Qadhaf adalah menuduh orang lain telah berbuat zina tanpa adanya bukti yang kuat. Di media sosial banyak ditemukannya beberapa unggahan tentang tuduhan perzinahan dan ini lambat laun seakan dianggap hal yang biasa. Padahal menuduh orang lain berbuat zina merupakan suatu hal yang dilarang di dalam agama karena menyangkut masalah kehomratan seseorang. Maka dari itu, perlu adanya pengkajian ulang terkait perspektif fiqh kontemporer karena ruang lingkup fiqh kontemporer menyangkut masalah-masalah yang terjadi di zaman modern. Salah satu kitab fiqh kontemporer yang terkenal yaitu kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu karya dari Wahbah al-Zuhaili. Di dalam kitab ini memaparkan secara detil terkait pembahasan, serta menyajikan pendapat dari kalangan para ulama madzhab fiqh. disertai penyimpulan hukum (istinbat al-ahkam) dari sumber�sumber hukum Islam. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana fenomena indikasi qadhaf di media sosial facebook ? 2) Bagaimana Dampak Unggahan Ubdate Status atau Komentar Bagi Seseorang yang Tertuduh Zina di Media Sosial Facebook Terhadap Keharmonisan Keluarga ? 3) Bagaimana qadhaf dalam perspektif fiqh kontemporer (Kitab Fiqhul Islam Wa Adillatuhu Karya Wahbah Al-Zuhaili) ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pemahaman tentang fenomena indikasi qadhaf di media sosial facebook. 2) Pemahaman tentang dampak unggahan ubdate Status atau komentar bagi seseorang yang tertuduh zina di media sosial Facebook Terhadap keharmonisan keluarga. 3) Pemahaman tentang qadhaf ditinjau dari perpektif fiqh kontemporer (Kitab Fiqhul Islam Wa Adillatuhu Karya Wahbah Al-Zuhaili). Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian Kepustakaan (Library Research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Banyak ditemukan indikasi qadhaf di media sosial facebook baik melalui akun pribadi ataupun grup. 2) Tuduhan zina yang dilakukan di media sosial melalui ubdate status atau komentar berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga. Namun lambat laun seiring dengan meredamnya isu tersebut dan adanya saling kepercayaan dari pasangan maka hal tersebut dapat diredamkan. 3) Dalam perspektif kitab Fiqhul Islam Wa Adillatuhu karya Wahbah Al-Zuhaili terkait qadhaf memaparkan berbagai hal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 00:32
Last Modified: 09 Aug 2022 00:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item