Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Dumai Nomor: 103/Pid.Sus-Lh/2019/Pn Dum Tentang Kelalaian Yang Mengakibatkan Kebakaran yang Menimbulkan Bahaya Umum Bagi Barang

Kholidiah, Diana Islami (2021) Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Dumai Nomor: 103/Pid.Sus-Lh/2019/Pn Dum Tentang Kelalaian Yang Mengakibatkan Kebakaran yang Menimbulkan Bahaya Umum Bagi Barang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diana Islami Kholidiah_S20174026.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Kelalaian adalah salah satu yang dapat disebabkan oleh manusia. Salah satu contohnya kelalaian yang mengakibatkan pada kebakaran hutan di dumai. Dumai adalah kota yang tertelak di Provinsi Riau,Indonesia ,sekitar 201 km dari Pekanbaru. Kota dumai merupakan kota nomer dua setelah aceh yang sering terjadi kebakaran dikarenakan kelalaian kegiatan manusia karna sebagian besar kota dumai adalah hutan. Berdasarkan latar belakang skripsi ini fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:1. Apa saja faktor-faktor terjadinya kebakaran dalam Putusan Pengadilan Negeri Dumai Nomor: 103/Pid.Sus-LH/2019/PN DUM 2. Apa dasar pertimbangan Hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Dumai Nomor: 103/Pid.Sus-LH/2019/PN DUM. 3. Bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam dalam Putusan Pengadilan Negeri Dumai Nomor: 103/Pid.Sus-LH/2019/PN DUM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sebuah putusan yang mana sebuah kasus tentang kelalaian yang menimbulkan kebakaran dan mengakibatkan bahaya umum bagi barang, menjelaskan faktor terjadinya kebakaran yang di sebabkan kelalaian, bagaimana pertimbangan-pertimbangan hakim dalam memutuskan sebuah perkara menjelaskan bagaimana penghukuman kelalaian menurut hukum pidana Islam. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang menjadi rumusan masalah, metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif dan menggunakan pendekatan deskriftif analisis. Agar Analisa dapat dilakukan maka penulis telebih dahulu mengumpulkan bahan-bahan yang sesuai dengan isu hukum yang akan dikaji, bahan-bahan tersebut berupa Al-Qur’an, Hadis, Norma aturan, peraturan perundang-undangan, pendapat hukum danlain sebagainnya. Kesimpulan yang didapat dari penelitia ini antara lain: 1.faktor kelalaian adalah satu-satunya faktor dalam kasus terjadinya kebakaran tersebut 2. Dasar Pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Dumai Nomor:103/Pid.Sus-LH/2019/PN DUM tentang kelalaian yang mengakibatkan kebakaran yang menimbulkan bahaya umum bagi barang, sesuai dengan ketentuan dan unsur-unsur Pasal 187 ayat (1) KUHP. Kasus ini dihukum karena perbuatan yang dilakukan oleh terdakwa adalah kelalaian dan ketidak hati-hatian. 3..Dalam hukuman pidana Islam tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa masuk dalam jarimah ta’zir yang hukumannya dijatuhi secara leluasa diputuskan oleh penguasa dan hakim dengan mempertimbangkan kemaslahatan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 00:31
Last Modified: 09 Aug 2022 00:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12140

Actions (login required)

View Item View Item