Implementasi Talaqqi Tafahhum Tikrar dan Murajaah Pada Pembelajaran Al-Qur'an-Hadist siswa kelas V MI Unggulan Riyadlul Qori'in

Bajsair, Fitria Taufik (2022) Implementasi Talaqqi Tafahhum Tikrar dan Murajaah Pada Pembelajaran Al-Qur'an-Hadist siswa kelas V MI Unggulan Riyadlul Qori'in. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
FITRIA-2.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Fitria Taufik Bajsair,2022: Implementasi Talaqqi, Tafahhum, Tikrar dan Muraja’ah pada pembelajaran Al-Qur’an-Hadist siswa kelas V MI Unggulan Riyadlul Qori’in Jember.
Kata kunci: Metode menghafal (3T+1M), Al-Qur’an-Hadist.

Talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah adalah salah satu metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadist yang menarik untuk diteliti dan termasuk yang jarang diteliti. Metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah biasa disingkat dengan metode 3T+1M. Metode ini sudah diterapkan di MI Unggulan Riyadhul Qori’in Jember. Antusiasme wali murid dan masyarakat sekitar sekolah sangat besar terhadap pendidikan Al-Qur’an yang lama diterapkan di sekolah tersebut. Sehingga mereka sangat tertarik untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah tersebut.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan Muraja’ah pada pembelajaran Al-Qur’an-Hadist Siswa Kelas V MI Unggulan Riyadlul Qori’in Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah pada pembelajaran Al-Qur’an-Hadist Siswa Kelas V MI Unggulan Riyadlul Qori’in Jember? 3) Bagaimana evaluasi dari pelaksanaan metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah pada Pembelajaran Al-Qur’an-Hadist Siswa Kelas V MI Unggulan Riyadlul Qori’in Jember? Tujuan penelitian ini yakni, untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif bersifat studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan implementasi metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah pada pembelajaran Al-Qur’an-Hadist siswa Kelas V yakni, menyusun perangkat perencanaan pembelajaran, menyiapkan kelas, menyiapkan materi, menyiapkan media yang dibutuhkan. 2) Pelaksanaan terdiri dari tiga bagian: kegiatan awal (salam, sapa, doa, dan Apersepsi), kegiatan inti (menggunakan metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah saat kegiatan menghafal) dan kegiatan penutup (ditutup dengan muraja’ah materi hari itu, motivasi dan berdoa). 3) Evaluasi terdiri dari beberapa kegiatan yakni: Evaluasi mingguan, tengah semester dan akhir semester. Sedangkan jenis tes yang digunakan yakni tes verbal berupa tes tulis dan tes lisan. Evaluasi tidak hanya fokus pada kekurangan siswanya saja, akan tetapi juga evaluasi dari guru sendiri, mengintropeksi diri sendiri, jika dirasa ditemukan masalah-masalah dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nn Fitria Taufik Bajsair
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:58
Last Modified: 10 Aug 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12148

Actions (login required)

View Item View Item