Perlindungan Konsumen Dan Tanggung Jawab Badan Pengawas Obat Dan Makanan Terhadap Penjualan Obat Yang Tidak Memiliki Izin Di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo (Telaah Perspektif Maslahah Mursalah).

Kamal, Naili Amalia (2021) Perlindungan Konsumen Dan Tanggung Jawab Badan Pengawas Obat Dan Makanan Terhadap Penjualan Obat Yang Tidak Memiliki Izin Di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo (Telaah Perspektif Maslahah Mursalah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naili Amalia Kamali_S20172108.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Pelaksanaan bentuk perlindungan hukum dan tanggung jawab Loka POM Jember selaku pengawas obat dan makanan yang mempunyai wilayah kerja di Kabupaten Situbdondo bisa dikatakan tidak efektif dan kurang di perhatikan terkait kepastian hukum yang seharusnya menjadi instrumen penting dalam melindungi konsumen. Adanya sebuah pelanggaran hukum yang timbul dari produsen terkait dengan pemasaran obat tradisional di desa Besuki Kecamatan Besuki, menimbulkan banyak kerugian, yakni secara kesehatan maupun finansial yang dialami oleh 13 konsumen. Beberapa diantaranya mengalami kerugian dalam hal kesehatan hingga harus dilarikan ke rumah sakit serta melakukan rawat inap selama 5 hari. Bentuk kerugian baik dari aspek kesehatan maupun materi hingga saat ini masih belum dilakukan oleh Loka POM Jember. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang dirumuskan oleh peneliti, diantarnya: 1. Bagaimana tanggung jawab Loka POM Jember yang mempunyai wilayah kerja setapal kuda terhadap pengawasan obat-obatan tidak memiliki izin yang sudah dijual dan telah beredar di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten SItubondo? 2. Bagaimana bentuk perlindungan hukum konsumen terhadap produk obat-obatan yang tidak memiliki izin BPOM di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo? 3. Bagaimana kajian maslahah mursalah terhadap penjualan obat yang tidak memiliki izin BPOM di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo? Untuk mengidentifikasi isu hukum yang sedang peneliti lakukan, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian legal research dan Case Study. Lalu adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode library research, dokumentasi dan wawancara serta tahapan analisis data yang berupa analisis isi. Kesimpulan yang di dapat oleh penulis adalah: 1. Tanggung jawab yang dilakukan oleh Loka POM Jember terhadap konsumen berupa layanan pengaduan, namun hal tersebut belum efektif karena masih banyak hak-hak konsumen yang belum ada ganti rugi. 2. Bahwa terdapat perlindungan hukum dalam bentuk perlindungan hukum secara administrasi, pidana dan perdata. Namun masyarakat yang awam akan hukum tidak bisa apa-apa dan hanya diam saja hingga ada bantuan yang datang. 3. Ulama Ima Al-Ghozali terhadap kajian maslahah mursalah berkaitan dengan objek penelitian, mengatakan bahwa dalam tindakan muamalah yang telah dilakukan pelaku usaha dan konsumen merupakan tindakan yang merusak. Karena hal tersebut lebih banyak menimbulkan kerusakan dari pada kemudharatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:01
Last Modified: 09 Aug 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item View Item