Kepemimpinan Perempuan Dalam Bingkai Ketatanegaraan di Indonesia dalam Analisis Fiqih Siyasah. (Studi Kasus Terhadap Lurah Perempuan di Kelurahan Slawu Kabupaten Jember )

DARWIS S.J, NOVANDA (2022) Kepemimpinan Perempuan Dalam Bingkai Ketatanegaraan di Indonesia dalam Analisis Fiqih Siyasah. (Studi Kasus Terhadap Lurah Perempuan di Kelurahan Slawu Kabupaten Jember ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVANDA DARWIS S.J_S20173027.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kepemimpinan perempuan ialah kemampuan perempuan dalam memimpin serta mempengaruhi orang lain untuk bertingkah laku sesuai yang dikehendaki, tidak melihat dari status gender kepemimpinan yang baik ialah yang mampu menerapkan fungsi dan tugasnya dengan baik, kepemimpinan perempuan di kelurahan Slawu mengacu pada PP no 73 tahun 2005, dalam kepemimpinan perempuan terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepemimpinan perempuan serta juga terdapat kelebihan dan kekurangan dalam memimpin pemerintahan tersebut. Penelitian ini bersumber pada hasil wawancara, dari putusan pemerintah dan literatur-literatur. Fokus masalah tersebut di bahas dalam beberapa fokus masalah penelitian yaitu: 1) Bagaimana implementasi kepemimpinn perempuan di kelurahan Slawu, Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana pandangan fiqih siyasah terhadap kepemimpinan perempuan?. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wawasan terkait bagaimana implementasi kepemimpinan perempuan di Kelurahan Slawu, untuk menambah ilmu terkait pandangan fiqih siyasah terhadap kepemimpimpinan perempuan. Jenis penelitian yaitu, penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan ( field research ) dan mengunakan pendekatan deskriptif dengaan mengumpulkan data observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya hasil penelitian tersebut di tuangkan ke dalam pembahasan. Hasil dari penelitian ini yaitu, kepemimpinan perempuan di kelurahan Slawu Kabupaten Jember di lihat dari konteks fiqih siyasah cara mengimplementasikan kinerja lurah perempuan di kelurahan Slawu sesuai dengan sifat-sifat kepemimpinan tauladan kita yaitu Nabi yang jujur, adil, amanah, dan dapat di percaya serta mengedepankan akhlakul karimah. Rendahnya sumber daya manusia juga menjadi faktor penghambat pemerintahan kelurahan Slawu serta dana desa juga menjadi salah satu faktor penghambat dalam melaksanakan program kerja dan faktor pendukung dalam melaksanakan program kerja di kelurahan Slawu meliputi dukungan serta partisipasi masyarakat yang ikut andil dalam melaksanakan program kerja di kelurahan Slawu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:16
Last Modified: 29 Sep 2022 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item View Item