Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Alih Daya (Outsourcing) di PT. Pos Indonesia Jember Perspektif Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Sa’idah, Siti (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Alih Daya (Outsourcing) di PT. Pos Indonesia Jember Perspektif Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Sa’idah_S20172036.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

PT. Pos Indonesia Jember melakukan kerja sama dengan perusahaan PT. Dapensi Trio Usaha. PT. Pos ini melakukan kegiatan outsourcing dengan melimpahkan sebagian pekerjaan yang berupa usaha penunjang perusahaan kepada perusahaan lainnya. Tetapi yang terjadi PT. Pos ini ada sebagian pekerjaan yang termasuk atau tergolong pada kegiatan pokok, dan itu sistemnya rolingan, jadi pekerja outsourcing harus siap jika sewaktu-waktu dipindahkan pada pekerjaan bagian lainnya, seharusnya dalam penyerahan sebagian pekerjaan menurut Pasal 65 Ayat (2) huruf a dan c menyebutkan dalam penyerahan pekerjaan dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama. Seharusnya diserahkan dalam bagian kebersihan, keamanan, administrasi, penyedia makanan. Fokus penelitian adalah: 1). Bagaimana Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Outsourcing Dalam Kontrak Kerja Sama di PT. Pos Indonesia Jember dan PT. Dapensi Trio Usaha? 2). Bagaimana Sistem Pengupahan Tenaga Kerja Ousourcing di PT. Pos Indonesia Jember? 3). Bagaimana Perlindungan Jaminan Pensiun Pasca Tenaga Kerja Outsourcing Bekerja di PT. Pos Indonesia Jember? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dalam perlindungan hukum pra kontrak, sistem pengupahan, dan pasca pensiun tenaga kerja outsourcing di PT. Pos Indonesia Jember Pendekatan dan jenis penelitian adalah jenis penelitian empiris, pendekatan kualitatif atau disebut penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai dipenelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data ini memakai triangulasi sumber serta triangulasi metode. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah: 1) Dalam pelaksanaan pemborongan pekerjaan di PT. Pos Indonesia Jember ini menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan PT. Dapensi Trio Usaha dan perjanjiannya dibuat secara tertulis dan ada kesepakatan oleh ketiga pihak tersebut. Dalam kontrak kerja sama yang dijalani saat ini yaitu selama 3 tahun dengan kontrak kerja dalam waktu tertentu 2) Untuk pemenuhan hak pekerja Seperti dalam Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan mereka mendapatkan hak yaitu gaji pokok, THR, BPJS, gaji lemburan. Biaya pengganti ketika terkena covid-19. 3). Perusahaan PT. Pos Indonesia Jember untuk jaminan pensiun tenaga outsourcing tidak ada tetapi untuk pekerja tetap atau tenaga outsourcing itu diangkat sebagai karyawan tetap, maka pihak PT. Pos harus memberikan jaminan pensiunnya. Jika kontrak habis itu tidak mendapatkan jaminan pensiun hanya saja mendapatkan uang pesangon dan untuk BPJS ketenagakerjaan bisa dicairkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:00
Last Modified: 09 Aug 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12160

Actions (login required)

View Item View Item