Implementasi Pasal 10 Huruf G Pp No. 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan Perspektif Siyasah Idariyah (Studi Kecamatan Mayang Kabupaten Jember)

BADRUT TAMAM, MOCH. (2021) Implementasi Pasal 10 Huruf G Pp No. 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan Perspektif Siyasah Idariyah (Studi Kecamatan Mayang Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCH. BADRUT TAMAM _S20163003.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Kecamatan merupakan bagian dari sistem pemerintahan di Indonesia. Dengan dijalankannya konsep otonomi daerah, pemerintah kecamatan menerima mandat dari pemerintah kabupaten/kota untuk menjalankan beberapa peran. Salah satu peran yang diemban oleh pemerintah di tingkat kecamatan yaitu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintah desa. Fokus kajian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa di Kecamatan Mayang? 2) Apa saja faktor penghambat dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa di Kecamatan Mayang? 3) Bagaimana implementasi pembinaan dan pengawasan oleh Kecamatan Mayang terhadap desa perspektif Siyasah Idariyah Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan di Kecamatan Mayang terhadap pemerintah desa setempat telah benar-benar dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa program pembinaan yang dikemas dalam bentuk pelatihan dan bimbingan. Sedangkan pengawasan, dilakukan secara langsung dan tidak langsung. 2) Adapun hambatan yang dialami oleh pemerintah Kecamatan Mayang dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di antaranya, latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, banyaknya tugas camat dan akses jalan yang rusak. 3) Praktik pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Kecamatan Mayang, telah menerapkan nilai�nilai yang terkandung dalam konsep Siyasah Idariah, seperti cepat dalam pelayanan, profesional dalam pelayanan dan sederhana dalam peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:00
Last Modified: 09 Aug 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item