Yesi Indah Wati Nova Rima, 2021: Pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang pemilihan Umum (Studi Terhadap Pemutakhiran Data Pemilih dalam Pemilukada di Desa Curahtakir Kec.Tempurejo Kab. Jember)

Yesi Indah Wati, Nova Rima (2021) Yesi Indah Wati Nova Rima, 2021: Pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang pemilihan Umum (Studi Terhadap Pemutakhiran Data Pemilih dalam Pemilukada di Desa Curahtakir Kec.Tempurejo Kab. Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yesi Indah Wati Nova Rima_S20173052.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan umum atau pemilu merupakan peluang bagi warga Negara untuk memilih atau mengekspresikan ambisi atas hak-hak dasarnya dalam rangka mewujudkan demokrasi. Dalam sebuah pemilu tentunya ada kegiatan yang dinamakan dengan pemutakhiran data yang dimana pemutakhiran data ialah kegiatan penting dan yang paling utaman dalam sebuah pemilu, pemutakhiran data sendiri yaitu merupakan kegiatan atau salah satu agenda wajib yang harus dilakukan oleh komisi pemilihan umum baik KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/kota menjelang pemilihan umum untuk menghindari kesalahan pada saat pencoblosan, namun pada kenyataanya pendataan calon pemilih dalam pemilu sudah ketinggalan zaman, Karen masih terdiri dari pemilih yang telah meninggal, pindah domisili dan bahkan daftar nama pemilih gandan, data ini dianggap tidak terbaru. Pokok permasalahan tersebut dibahas kedalam beberapa fokus masalah penelitian yaitu: 1)bagaimana pelaksanaan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dalam pemutakhiran data pemilih dalam pemilukada tahun 2020 di Desa Curahtakir Kec.Tempurejo Kab.Jember? 2)Bagaimana tahapan pemutakhiran data yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di Desa Curahtakir Kec.Tempurejo Kab.Jember? 3)Bagaimana langkah (PPK) Panitia Pemilihan Kecamatan dalam mengatasi kendala pemutakhiran pada pemilukada tahun 2020 di Desa Crahtakir Kec.Tempurejo Kab.Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemutakhiran data pemilih (study terhadap pemutakhiran data pemilih dalam pemilukada di Desa Curahtakir Kec.Tempurejo Kab.Jember). jenis penelitian yang digunakan kualitatif (lapangan) meliputi wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh baik data primer maupun sekunder diolah dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data dengan cara menggambarkan suatu masalah beserta pemecahannya dengan kalimat uraian kalimat yang diperoleh dari data kualitatif yang telah disimpulkan. Hasil dari penelitian yang diperoleh atas permasalahan yang ada bahwa 1)Dalam pelaksanaa undang-undang nomor 7 tahun 20117 yang telah dilakukan oleh pihak yang terlibat sudah sesuai aturan dan standarnya namun dalam pelaksanaannya dari pihak yang berwajib masih banyak mengalami hambatan dan kendala yang tidak sesuai/tidak seperti yang diharapkan 2)Tahapan demi tahapan sudah dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan/diperintahkan oleh PPK yang dipertegas oleh PPS, namun dalam tahapan�tahapan yang sudah dijalankan dari pihak PPDP mengalami banyak kendala, banyaknya kendala tersebut diakibatkan karena kurang fahamnya masyarakat akan pentingnya pemutakhiran data pemilih 3)Langkah-langkah yang telah dibuat dan ditentukan oleh PPK untuk menidaklanjuti adanya kendala tersebut yaitu dari pihak PPK langsung terun langsung dalam desa yang dirasa sangat tinggi angka permasalaha/kendala yang telah dilaporkan oleh PPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:59
Last Modified: 09 Aug 2022 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12168

Actions (login required)

View Item View Item