Penyaluran Pembiayaan Terhadap Perkembangan Usaha Perseorangan Melalui Akad Bai’al-Wafa’ Di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo

Ratna Dila, Riza (2021) Penyaluran Pembiayaan Terhadap Perkembangan Usaha Perseorangan Melalui Akad Bai’al-Wafa’ Di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riza Ratna Dila_E20171193.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan saat ini , khususnya BMT (Baitul Mal Wa Tamwil) punya peranan yang besar dalam kehidupan masyarakat, khususnya untuk masyarakat golongan menengah ke bawah tersebut. BMT (Baitul Mal Wa Tamwil) merupakan salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif karena tidak memerlukan persyaratan rumit yang dapat menyulitkan nasabah dalam pemberian dana . Sebagai lembaga keuangan non bank yang bergerak dalam pembiayaan Akad Bai’al-Wafa’, maka dalam kegiatan operasionalnya perlu dipantau agar tidak terjadi penyimpangan terhadap peraturan yang ada mengenai hukum pembiayaan Akad Bai’al-Wafa’. Berdasarkan latar belakang tersebut Adapun tujuan penelitian ini : 1.) Untuk mengetahui pelaksanaan akad Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. 2). Untuk menganalisis usaha perseorangan sebelum melakukan pembiayaaan akad Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. 3). Untuk menganalisis perkembangan usaha perseorangan setelah melakukan pembiayaan akad Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1). Bagaimana pelaksanaan akad Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. 2). Bagaimana perkembangan usaha perseorangan sebelum melakukan pembiyaan akad Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. 3). Bagaimana perkembangan usaha perseorangan setelah melakukan pembiyaan akad Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan trigulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: Dari hasil penelitian mengenai Bai’al-Wafa’ dalam pembiayaan Bai’al-Wafa’ ini berpengaruh positif kepada masyarakat yang telah melakukan transaksi atau yang telah menjadi nasabah di BMT UGT Sidogiri capem Kraksaan Probolinggo. Karena setelah masyarakat melakukan transaksi mereka memahami atau mengetahui bagaimana prosedur pertama yang harus dilakukan oleh mereka dalam pembiayaan Bai’al-Wafa’ di BMT UGT Sidogiri capem Kraksaan Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:29
Last Modified: 09 Aug 2022 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item