Strategi Pemasaran Pada Akad Rahn Tasjily DalamMenarik Minat Nasabah Produk Multi Jasa Barokah Di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari.

RIZQI HIDAYAT, MUHAMMAD (2021) Strategi Pemasaran Pada Akad Rahn Tasjily DalamMenarik Minat Nasabah Produk Multi Jasa Barokah Di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD RIZQI HIDAYAT_083143311.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Sejak lahirnya sistem perbankan syariah pada tahun 90-an di Indonesia, maka beberapa lembaga keuangan syariah (LKS) semaikn tumbuh dan berkembang pesat. LKS sendiri memiliki kedudukan yang sangat penting sebagai lembaga ekonomi yang berbasis syariah pada pembangunan nasional. Bagunnya sistem syariah sendiri adalah merupakan implementasi dari pemahama umat Islam terhadap prinsip-prinsip muamalat dalam konsep hukum ekonomi Islam. Selain itu juga perkembangan sistem ekonomi Islam Indonesia tidak terlepas dari mayoritasnya penduduk Indonesia yang beragama Islam, sehingga perkembangan pada lembaga keuanga syariah sangatlah pesat dalam pengimplementasiannya. Adapun fokus penelitian dalam pokok permasalahan ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana strategi pemasaran akad Rahn Tasjily dalam menarik minat nasabah Produk Multi Jasa Barokah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari? 2). Bagaimana kesesuaian pelaksanaan akad rahn tasjily pada produk Multi Jasa Barokah di BMT-UGT Sidogiri cabang pembantu mumbulsari berdasarkan fatwa N0.68/DSN-MUI/III/2008. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan penerapan akad rahn tasjily pada produk Multi Jasa Barokah di BMT UGT Sidogiri capem Mumbulsari. 2). Untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan akad rahn tasjily pada produk Multi Jasa Barokah di BMT-UGT Sidogiri cabang pembantu mumbulsari berdasarkan fatwa N0.68/DSN-MUI/III/2008. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena dilakukan berdasarkan data di lapangan dan situasi yang nyata. Metode kualitatif dipilih karena memiliki tiga alasan. Pertama, penelitian ini lebih menekankan pada proses sehingga peneliti memiliki peluang dalam mengungkap peristiwa-peristiwa sosial yang terjadi dilapangan. Kedua, pendekatan ini mampu meminimalisir rasa canggung dengan subjek-subjek sasaran penelitian. Ketiga, pendekatan ini mampu menetapkan batas penelitian terkait fokus yang dikaji. Hasil dari penelitian ini adalah pertama. Dalam konsep strategi pemasaran akad Rahn Tasjily dalam menarik minat nasabah Produk Multi Jasa Barokah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari adalah lebih pada mempromosikan produk-produk ungulan yang terdapat di BMT UGT itu sendiri sehingga dalam peningkatan produktifitas nasabah semakin efektif. Selain itu juga BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari lebih menjunjung tinggi asas kekeluargaan dalam meningkatkan kepercayaan para nasabah pada BMT UGT Sidogiri itu sendiri. Strategi pemasaran dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Mumbulsari dengan menggunakan faktor demografi, geografi, psikografi dan tingkah laku. Faktor demografi lebih difokuskan oleh pihak BMT dalam melaksanakan strategi pemasaran untuk pengenalan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:12
Last Modified: 10 Aug 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12181

Actions (login required)

View Item View Item