Eksistensi Televisi Lokal Di Tengah Era Konvergensi Media Digital (Studi kasus pada pengelolaan konten siaran dan SDM di Jawa Timur Televisi (JTV) Jember.

Imroni Yusuf, Mohammad (2022) Eksistensi Televisi Lokal Di Tengah Era Konvergensi Media Digital (Studi kasus pada pengelolaan konten siaran dan SDM di Jawa Timur Televisi (JTV) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Imroni Yusuf_D20171064.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Televisi kini mampu mengintegrasikan konten televisi ke dalam smartphone atau laptop. Pola strategi bersaing dalam industri media konvensional, yaitu televisi ini merupakan wujud inovasi dan adaptasi dengan kemajuan teknologi, perubahan harus dibarengi dengan strategi harus dilakukan agar televisi dapat tetap eksis. Televisi tidak boleh hanya sekedar tontonan, tetapi juga harus berupa tuntunan, yaitu dapat memberikan informasi (to inform), mendidik masyarakat (to educate), menyajikan hiburan (to entertain), dan mempengaruhi masyarakat (to influence). Dalam menghadapi hal tersebut persaingan digitali JTV Jember dalam mengelola penetrasi pasar agar seluas mungkin agar dapat meningkatkan pangsa pasar pengiklanan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana JTV Jember sebagai televisi lokal mengelola Konten siaran di tengah konvergensi Media Digital? 2). Bagaimana JTV Jember sebagai televisi lokal mengelola Konten siaran di tengah konvergensi media digital? Tujuan penelitian adalah: 1)Untuk mengetahui strategi JTV Jember dalam mempertahankan kelangsungannya di tengah era konvergensi media digital. 2) untuk mengetahui strategi JTV Jember dalam mempersiapkan SDM dan konten di tengah era konvergensi media digital Penelitian ini merupakan penelitian Filed research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data di lakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian yaitu: 1) JTV Jember melalui dalam mengelola konten akan dilakukan setiap hari mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Untuk menghasilkan isi konten yang sempurna. JTV Jember penerapannya penambahan konten-konten dengan membuat program atau profil bersama organisasi, komunitas, merangkul kepada para millennial, dengan membuat challenge seperti dubbing, voice over kerjasama juga sudah dilakukan oleh JTV Jember dengan melakukan simulcast dengan televisi yang memiliki izin digital seperti TVRI 2) JTV Jember mengadakan sebuah tambahan keilmuan melalui berbagai pelatihan secara internal ataupun pembelajaran dari berbagai lini seperti belajar melalui hal otodidak, belajar melalui tutorial, ataupun paraktek yang diadakan oleh pimpinan dari Surabaya dan lain sebagainya. Pimpinan JTV Jember di kala tertentu akan memberikan reward kepada para karyawan, dan hal tersebut dilakukan untuk mengapresiasi terhadap karyawan, dan cara menentukannya bisa dilihat dari kinerja yang telah dilakukan, dalam keberhasilannya mengembangkan JTV Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:59
Last Modified: 10 Aug 2022 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12184

Actions (login required)

View Item View Item