Strategi Komunikasi Radio Bintang Tenggara 95.6 FM Dalam Mempertahankan Program Citizen Journalism Melalui Media Sosial Facebook B88

PRIMASARI, OKKI NILA (2022) Strategi Komunikasi Radio Bintang Tenggara 95.6 FM Dalam Mempertahankan Program Citizen Journalism Melalui Media Sosial Facebook B88. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
OKKI NILA PRIMASARI_D20171009.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang bersifat auditif. Meskipun hanya dapat didengar, dengan adanya persaingan media baru radio konvensional juga dituntut untuk mengikuti perkembangan atau tren yang ada di masyarakat saat ini melalui media sosial. Salah satunya Radio Bintang Tenggara di Banyuwangi yang mengubah format programnya dari radio entertaint menjadi radio informatif. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi Radio Bintang Tenggara 95.6 FM dalam mempertahankan program citizen journalism melalui media sosial facebook B88?, 2) Bagaimana respon pendengar terhadap Radio Bintang Tenggara 95.6 FM dalam program citizen journalism melalui media sosial facebook B88?. Berdasarkan fokus penelitian yang penulis rumuskan, penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi apa yang diterapkan oleh Radio Bintang Tenggara dalam mempertahankan program citizen journalism melalui media sosial facebook dan mengetahui respon dari pendengar. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi atau pengamatan, wawancara, dan menganalisis dokumen yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi komunikasi yang dilakukan Radio Bintang Tenggara dalam mempertahankan program citizen journalism diantaranya branding program citizen journalism, menarik pengiklan, menyajikan informasi yang update di media sosial, melakukan menejemen media sosial facebook B88, meningkatkan kualitas penyiar, menyapa pendengar, membuka layanan interaktif, bekerjasama dengan lembaga lain, meeting evaluasi, menerapkan SOP (Standard Operating Prosedure) yang ditetapkan, serta menyaring informasi. 2) Pendengar program citizen journalism Radio Bintang Tenggara menunjukkan respon positif, diantaranya masyarakat merasa terlibat secara langsung, masyarakat merasa terbantu dalam memperoleh informasi, masyarakat juga merasa mudah dalam berinteraksi, dan masyarakat merasa disediakan informasi yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:42
Last Modified: 10 Aug 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12188

Actions (login required)

View Item View Item