Konseling feminis dengan teknik assertive training untuk pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi.

MASYRUROH, CHOLIFATUL (2022) Konseling feminis dengan teknik assertive training untuk pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CHOLIFATUL MASYRUROH_D20173008.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Desa Wringinrejo merupakan salah satu desa yang paling banyak memiliki perempuan sebagai kepala keluarga. Karena hal tersebut, penyuluh kecamatan Gambiran bidang pernikahan dan keluarga sakinah bertindak tegas dalam menangani pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi. Dalam penelitian ini, Konseling feminis membangun kesadaran dalam membantu konseli dalam memahami dampak perubahan orientasi gender dalam kehidupannya. Teknik yang digunakan dalam konseling feminis adalah Assertive Training. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses konseling feminis dengan teknik assertive training untuk pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi ? 2) Bagaimana hasil proses konseling feminis dengan teknik assertive training untuk pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses konseling feminis dengan teknik assertive training untuk pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil konseling feminis dengan teknik assertive training untuk pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus seorang perempuan kepala keluarga untuk meningkatkan ekonominya di Desa Wringinrejo Kabupaten Banyuwangi. Analisis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Hasil akhir dari proses konseling feminis Proses konseling feminis dengan teknik assertive training. Pada saat proses konseling berjalan, permasalahan lain mulai nampak, sehingga proses konseling feminis dengan assertive training juga ditujukan untuk memahami tanggung jawabnya sebagai perempuan kepala keluarga, menutup diri, kurang bersosialisasi, trauma akibat masa lalu, tidak memiliki sikap asertif dan membantu konseli menjadi individu yang percaya diri. 2) Konseling feminis dengan teknik assertive training dalam penelitian ini cukup berhasil. Konseli juga menunjukkan perubahan perilaku, seperti percaya diri bersosialisasi dengan orang sekitar lagi, berkurangnya rasa cemas terhadap ekonominya dan bersikap asertif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:42
Last Modified: 10 Aug 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item View Item