Strategi Komunikasi Dakwah Majelis Taklim Sunan Giri Desa Sukopuro Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19

Alfiqoini, M. Salsabila (2021) Strategi Komunikasi Dakwah Majelis Taklim Sunan Giri Desa Sukopuro Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Salsabila Alfiqoini_D20161048.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan rancangan menyeluruh pada sebuah taktik yang digunakan untuk memperlancar proses komunikasi dengan memperhatikan keseluruhan aspek yang ada pada proses komunikasi dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Esensi dakwah merupakan suatu aktivitas dan upaya untuk mengubah manusia, baik individu maupun masyarakat dari hal yang tidak baik menjadi hal yang lebih baik. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam Menyampaikan Pesan Dakwah di Masa Pandemi Covid-19. 2) Bagaimana Implementasi Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam Menyampaikan Pesan Dakwah di Masa Pandemi Covid-19. 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam Menyampaikan Pesan Dakwah di Masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam Menyampaikan Pesan Dakwah di Masa Pandemi Covid-19. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam menyampaikan pesan dakwah di masa pandemi covid-19. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam menyampaikan pesan dakwah di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari 1) Data Collection (pengumpulan data), 2) Data Condensation (kondensasi data), 3) Display Data (penyajian data), 4) Conclusion drawing and verification (Penarikan kesimpulan dan verifikasi). Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Triangulasi teknik, 2) Triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam Menyampaikan Pesan Dakwah di Masa Pandemi Covid-19 yaitu; a) menentukan tema atau menentukan penda’i, b) mnyiapkan kesiapan jamaah baik dari pelayanan, dan lokasi, c) menentukan tema atau menentukan penda’i dan d) malakukan evaluasi. 2) Implementasi strategi komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam menyampaikan pesan dakwah di masa pandemi covid-19 yaitu; pelaksanaan dakwah Majlis Taklim Sunan Giri dilaksanakan dengan cara dakwah fardiyah karena cara ini sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19, seperti: menjaga jarak, menhindari kerumunan dan menggunkan masker, serta penyampaian penda’i kepada jamaah dengan cara hikmah. 3) Evaluasi strategi komunikasi Majelis Taklim Sunan Giri Sukopuro Srono Banyuwangi dalam menyampaikan pesan dakwah di masa pandemi covid-19 dengan cara mengadakan sesi tanya jawab interaktif antara jamaah dan penceramah serta penceramah menutup ceramahnya dengan menyimpulkan isi dari ceramahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:42
Last Modified: 10 Aug 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12190

Actions (login required)

View Item View Item