Analisis Hukum Islam Terhadap Penggunaan Narkotika Dalam Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika

Adindasari, Karimah Praditya (2021) Analisis Hukum Islam Terhadap Penggunaan Narkotika Dalam Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Karimah Praditya Adindasari_S20174047.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pasal Penyalahgunaan narkotika yang kian marak berakibat dengan banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan baik untuk individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Meski demikian dengan berubah dan berkembangnya peradaban, kemajuan teknologi dan disiplin keilmuan narkotika tidak hanya membawa dampak buruk melainkan juga dampak positif khususnya dalam dunia medis dan kesehatan. Penggunaan narkotika dalam dunia medis sebagai obat dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hal tersebut menimbulkan situasi baru yang harus dikaji dalam pandangan hukum Islam terkait penggunaan narkotika untuk dunia medis. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana dampak penyalahgunaan narkotika terhadap kesehatan ? 2) Bagaimana akibat hukum terhadap penggunaan narkotika menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Nakotika ? 3) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap penggunaan narkotika untuk pelayanan kesehatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika ? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan dampak penyalahgunaan narkotika terhadap kesehatan. 2) Mendeskripsikan akibat hukum terhadap penggunaan narkotika menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 3) Mendeskripsikan analisis hukum Islam terhadap penggunaan narkotika untuk pelayanan kesehatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan library research, dengan menggunakan metode pendekatan konseptual (conceptual approach), pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan perbandingan (comparative approach). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data kepustakaan dan referensi yang terkait dengan analisa hukum penggunaan narkotika dalam pelayanan kesehatan sesuai Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Penelitiaan ini memiliki kesimpulan: 1) Dampak dari penyalahgunaan narkotika terhadap kesehatan yaitu berkurangnya kesadaran, mati rasa, ketergantungan hingga hilangnya nyawa 2) Akibat hukum terhadap penggunaan narkotika berdasarkan pasal 7 Undang-Undang Narkotika menyatakan bahwa penggunaan narkotika hanya boleh dipakai untuk dunia medis dan keilmuan 3) Analisis hukum Islam terhadap penggunaan narkotika untuk pelayanan kesehatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika memiliki kesamaan pada aspek diperbolehkannya menggunakan narkotika untuk keperluan medis apabila terdapat kedaruratan dan tidak ditemukan unsur lain untuk pengobatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:41
Last Modified: 10 Aug 2022 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item