Peran Pendamping Dalam Pencapaian Prestasi Non Akademik Pada Penyandang Disabilitas Di National Paralympic Committe Of Indonesia Kabupaten Jember.

SAYYIDAH, AFIF AINIS (2022) Peran Pendamping Dalam Pencapaian Prestasi Non Akademik Pada Penyandang Disabilitas Di National Paralympic Committe Of Indonesia Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AFIF AINIS SAYYIDAH_D20173041.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Peran pendamping merupakan cara atau tingkah laku yang digunakan oleh seseorang yang berkaitan erat dengan tugas-tugas seseorang dalam mengasuh atau menjalankan suatu tugas pada anak didik secara optimal. Dalam pengasuhan pendamping membawa pada pengembangan diri anak sehingga mampu mencapai prestasi yang diharapkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pendamping dalam pencapaian prestasi non akademik pada penyandang disabilitas di National Paralympic Committe Of Indonesia Kabupaten Jember. 2) Apa saja kendala peran pendamping dalam pencapaian prestasi non akademik pada penyandang disabilitas di National Paralympic Committe Of Indonesia Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peran pendamping dalam pencapaian prestasi non akademik pada penyandang disabilitas di National Paralympic Committe Of Indonesia Kabupaten Jember. 2) Mengetahui kendala peran pendamping dalam pencapaian prestasi non akademik pada penyandang disabilitas di National Paralympic Committe Of Indonesia Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman dengan langkah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Orangtua dan pelatih sebagai pendamping memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengembangan diri penyandang disabilitas, sehingga penyandang disabilitas mampu mencapai prestasi non akademik di National Paralympic Committe of Indonesia (NPCI) kabupaten Jember, 2) Kendala dalam pencapaian prestasi non akademik penyandang disabilitas yaitu keterbatasan komunikasi, keterbatasan penglihatan, teknik latihan, waktu yang tidak efektif, dan tempat latihan yang belum tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:42
Last Modified: 11 Aug 2022 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item View Item