Peran Penyuluh Agama Bidang Narkoba Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Melalui Metode Konseling Kelompok Di Kecamatan Lumajang.

ZAKIYYUL ARIFIN, MUHAMMAD (2022) Peran Penyuluh Agama Bidang Narkoba Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Melalui Metode Konseling Kelompok Di Kecamatan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ZAKIYYUL ARIFIN_D20173049.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Peran penyuluh agama bidang narkoba dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja di kecamatan Lumajang, dengan menggunakan metode untuk penyuluhannya relatif sangat sederhana, akan tetapi hasil yang diperoleh dari model yang sederhana tersebut bahwasannya tidak ada indikasi remaja yang masuk di tahap advokatif dari penyuluh agama bidang narkoba. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran penyuluh agama dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja secara informatif dan konsultatif melalui metode konseling kelompok di kecamatan Lumajang? (2) bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pada penyuluh agama bidang narkoba dalam memberikan penyuluhan pada remaja melalui metode konseling kelompok di kecamatan Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peran penyuluh agama dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja secara informatif dan konsultatif melalui metode konseling kelompok di kecamatan Lumajang . (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pada penyuluh agama bidang narkoba dalam memberikan penyuluhan pada remaja melalui metode konseling kelompok di kecamatan Lumajang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) peran penyuluh dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja secara informatif terlihat saat menyampaikan informasi yang benar dan mendidik kepada para remaja. Secara konsultatif terlaksana dengan pemecahan beragam persoalan yang dihadapi para remaja dengan berbagai macam solusi. (2) faktor pendukungnya yakni, orang tua para remaja, lingkungan di sekitar, para remaja itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu yang terbatas, timbal balik yang kurang dan rasa malas para remaja. Penyuluh agama bidang narkoba selalu menanyakan perihal alasan mereka tidak masuk dan memberikan motivasi agar para remaja semakin baik dan maju kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:42
Last Modified: 11 Aug 2022 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12202

Actions (login required)

View Item View Item