Perbedaan Tingkat Kecerdasan Adversity Pada Mahasiswa Perantau dan Non-Perantau di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

LESTARI, DYAH DWI (2022) Perbedaan Tingkat Kecerdasan Adversity Pada Mahasiswa Perantau dan Non-Perantau di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DYAH DWI LESTARI_D20173036.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Setiap individu pasti akan menghadapi tantangan dari tindakan yang dilakukan. Kecerdasan Adversity menggambarkan bentuk kecerdasan yang melatar belakangi kesuksesan seseorang saat menghadapi sebuah tantangan, kesulitan atau kegagalan . Banyak para ahli dan pakar pendidikan yang mencari dan mencoba mengembangkan pentingnya kecerdasan adversity pada peserta didik sebagai calon individu yang diharapkan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, kuat dan tetap berprestasi dalam bidangnya di masa depan. Rumusan masalah dalam diteliti ini adalah: Apakah terdapat perbedaan tingkat kecerdasan adversity mahasiswa perantau dan non perantau di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan adversity mahasiswa perantau dan non perantau di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi. Populasi mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember Tahun Akedemik 2018-2019 sebanyak 726 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 74 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala kecerdasan adversity. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sampel t-test Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kecerdasan adversity mahasiswa perantau dan non perantau di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember dengan sig = 0,000; p<0,05, dengan nilai t = 4,315. Rata-rata skor tingkat kecerdasan adversity mahasiswa perantau yaitu 101,67 sedangkan untuk mahasiswa non perantau yaitu 97,51. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa perantau memiliki skor rata-rata tingkat kecerdasan adversity lebih tinggi daripada mahasiswa non perantau, meskipun rata-rata keduanya berada pada kategori tingkat kecerdasan adversity sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:33
Last Modified: 11 Aug 2022 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item