Dampak Komunikasi Audio Visual Game Online Mobile Legend Dalam Penggunaan Bahasa Siswa Sekolah Dasar Di Dusun Junggrang 1 Rt 19 Rw 005 Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Tahun 2021.

DEWI, REZA ROSITA (2021) Dampak Komunikasi Audio Visual Game Online Mobile Legend Dalam Penggunaan Bahasa Siswa Sekolah Dasar Di Dusun Junggrang 1 Rt 19 Rw 005 Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REZA ROSITA DEWI_D20171065.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Fakta yang dapat kita rasakan saat ini adalah bagaimana sebuah perkembangan teknologi mengalami perubahan yang semakin membaik. Lahirnya sebuah anak teknologi dan sains seperti computer dan handphone juga sangat memberikan kemudahan. Dalam fitur handphone tersedia sebuah permainan yang dapat disambungkan dengan internet atau game online. Game Mobile Legend merupakan salah satu jenis game online yang tidak membatasai usia pemainnya, mulai dari orang tua, remaja bahkan anak sekolah dasar. Dan hasil dari penelitian ini, peneliti menunjukkan bahwa tidak semua kecanggihan teknologi berdampak positif. Seperti game mobile legend yang juga memberikan pengaruh buruk terhadap penggunaan bahasa player anak sekolah dasar, pasalnya diketahui bahwa bahasa yang digunakan adalah kata-kata buruk atau kasar. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana dampak komunikasi audio visual game online mobile legend dalam penggunaan bahasa siswa sekolah dasar di Dusun Junggrang 1 RT 19 RW 005 Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Tahun 2021. (2) bagaimana cara mengurangi dampak komunikasi audio visual game online mobile legend dalam penggunaan bahasa siswa sekolah dasar di dusun junggrang 1 rt 19 rw 005 desa patempuran kecamatan kalisat tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengungkapkan dampak negatif komunikasi audio visual game online mobile legend dalam penggunaan bahasa siswa sekolah dasar di Dusun Junggrang 1 RT 19 RW 005 Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Tahun 2021. (2) mengurangi dampak negatif komunikasi audio visual game mobile legend dalam penggunaan bahasa siswa sekolah dasar di Dusun Junggrang 1 RT 19 RW 005 Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini ialah metode penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah : (1), penggunaan bahasa yang didapat oleh anak sekolah dasar dalam komunikasi audio visual game online Mobile Legend adalah kosa-kata kasar seperti, goblok, anjing, tolol, nob yang disebabkan karena kurangnya pemahaman serta menguasai permainan, sehingga ketika menghadapi lawan atau kawan pro player mereka kerap kali menerima ejekan atau umpatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:33
Last Modified: 11 Aug 2022 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item