Implementasi Bimbingan Pranikah dalam Upaya Meminimalisir Terjadinya Perceraian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2020

HASANAH, ILMIATIN (2022) Implementasi Bimbingan Pranikah dalam Upaya Meminimalisir Terjadinya Perceraian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ILMIATIN HASANAH_D20173024.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Sebuah pernikahan diperlukan persiapan-persiapan yang matang, baik fisik, ekonomi, maupun sosial. Selain itu juga dibutuhkan pembinaan dan bimbingan untuk mewujudkan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat agar keluarga yang dibentuk menjadi keluarga yang diistilahkan dalam Al-Quran sebagai keluarga yang diliputi rasa ketenangan (sakinah), cinta mencintai (mawaddah) dan kasih sayang (rahmah) serta agar terhindar dari terjadinya perceraian. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan pranikah dalam upaya meminimalisir terjadinya perceraian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2020?, 2) Faktor apa saja penghambat dan pendukung pelaksanaan bimbingan pranikah dalam upaya meminimalisir terjadinya perceraian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2020?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan pranikah dalam upaya meminimalisir terjadinya perceraian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2020, 2) Untuk mendeskripsikan faktor apa saja penghambat dan pendukung pelaksanaan bimbingan pranikah dalam upaya meminimalisir terjadinya perceraian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di KUA Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Proses pelaksanaan bimbingan pranikah dalam upaya meminimalisir terjadinya perceraian di KUA Kecamatan Curahdami dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap pra pelaksanaan dan tahap pelaksanaan. Proses pelaksanaan bimbingan pranikah bagi calon pengantin sebagai upaya meminimalisir terjadinya perceraian sudah berjalan dengan baik, walaupun dari beberapa segi perlu peningkatan. 2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan pranikah meliputi: a. Faktor pendukung:pembimbing yang kompeten, fasilitas yang memadai, dan adanya buku pedoman untuk calon pengantin. b. Faktor penghambat: kurang aktifnya atau kurangnya antusias dari peserta pada program kegiatan bimbingan pranikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:35
Last Modified: 11 Aug 2022 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item View Item