ola Komunikasi Orang Tua Dalam Mengawasi Anak Menggunakan Gadget Pada Usia Dini di Desa Sruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

NURFADILLAH, SITI (2022) ola Komunikasi Orang Tua Dalam Mengawasi Anak Menggunakan Gadget Pada Usia Dini di Desa Sruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURFADILLAH_D20171017.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi baik yang berupa pesan, ide, gagasan oleh seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Sedangkan pola komunikasi diartikan sebagai bentuk atau struktur yang tetap. Dengan demikian pola komunikasi merupakan hubungan antara satu orang dengan orang lain dalam berkomunikasi. Salah satunya pola komunikasi orangtua dengan anak di Desa Sruni. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pola komunikasi orangtua dalam mengawasi anak menggunakan gadget pada anak usia dini di Desa Seruni? 2) Apa hambatan orangtua dalam mengawasi anak menggunakan gadget pada anak usia dini di Desa Seruni? 3) Bagaimana dampak yang ditimbulkan pada anak usia dini yang menggunakan gadget di Desa Seruni?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi dan hambatan orangtua terhadap anak usia dini dalam penggunaan gadget sekaligus memahami dampak yang terjadi pada anak dalam penggunaan gadget pada usia dini di Desa Sruni. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis yang bersifat deksriptif kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) pola komunikasi orang tua dalam mengawasi anak usia dini menggunakan gadget mengarah pada pola komunikasi permissive (membebaskan). 2) Hambatan yang dapat disimpulkan adalah kurangnya pemahaman bagi orang tua untuk mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan gadget pada usia dini. 3) Dampak yang ditimbulkan dalam menggunakan gadget bagi anak mengarah pada sisi negative seperti malas belajar, menjadi individual, perubahan sikap dan perilaku, serta ketergantungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:35
Last Modified: 11 Aug 2022 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item View Item