Penerapan Konseling Islam Dengan Pendekatan Rational emotive therapy Dalam Menangani Pemikiran Negatif Anak Broken home (Studi Kasus Di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso)

mawati, Lus (2022) Penerapan Konseling Islam Dengan Pendekatan Rational emotive therapy Dalam Menangani Pemikiran Negatif Anak Broken home (Studi Kasus Di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUSMAWATI_D20173063.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penerapan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy merupakan sebuah layanan pemeberian bantuan kepada individu dalam menangani pemikiran yang irrasional khususnya terhadap anak broken home yang memiliki pemikiran negatif dengan tujuan sebagai upaya mengatasi pemikiran irrasional anak broken home agar mampu berpikir rasional dalam hidupnya dan kembali kepada jalan Allah, selain itu juga sebagai langkah awal dalam melatih anak untuk selalu berpikir positif. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana penerapan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy dalam menangani pemikiran negatif anak broken home di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, apa kendala dari penerapaan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy dalam menangani pemikiran negatif anak broken home di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui manfaat penerapan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy dalam menangani pemikiran negatif anak broken home di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, untuk mengetahui kendala dalam penerapan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy dalam menangani pemikiran negatif anak broken home di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Penelitian memperoleh kesimpulan : bahwa penerapan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy mampu menangani pemikiran negatif yang dialami anak broken home di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso seperti mampu mengontrol emosi, pikiran, hidup mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan kendala dalam penerapan konseling Islam dengan pendekatan rational emotive therapy yaitu: pembiasaan mengucapkan istigfar sering lupa komunikasi yang terhambat dan, pertemuan dengan Ibunya yang terhalang jarak cukup jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:35
Last Modified: 11 Aug 2022 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item View Item