Pengaruh Tipe Kepribadian Hippocrates Terhadap Kematangan Karier Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bondowoso.

Puspita Sari, Ayu (2021) Pengaruh Tipe Kepribadian Hippocrates Terhadap Kematangan Karier Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Puspita Sari_D20173031.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Fenomena yang lumrah terjadi pasca kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ialah para siswa menemui kegamangan dalam memilih opsi apa yang akan diambil sebagai langkah hidup selanjutnya. Alumni SMA Negeri 1 Bondowoso mayoritas melanjutkan studi dan bekerja, sebagian lainnya memutuskan untuk menikah. Hasil observasi diketahui bahwa kesadaran para siswa dalam mancari informasi karier masih kurang, belum terbangun kebiasaan komunikasi dengan orang dewasa (guru dan atau orangtua) tentang karier yang berakibat pada rencana pemilihan karier tidak sesuai dengan kompetensi maupun minat karena sekedar ikut pilihan keluarga, asal kuliah/asal bekerja, dan ikut-ikutan pilihan teman. Salah satu hal penting lainnya ialah siswa belum memiliki pengetahuan lebih mendalam terkait kepribadian dan potensi diri seperti bakat, minat, intelegensi, serta cara membuat rencana dan keputusan karier. Berdasarkan hal ini peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian terkait pengaruh kepribadian terhadap kematangan karier. Rumusan masalah pada penelitin ini tunggal yaitu: Apa ada pengaruh kepribadian terhadap kematangan karier siswa di SMA Negeri 1 Bondowoso? Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepribadian terhadap kematangan karier siswa di SMA Negeri 1 Bondowoso. Permasalahan tersebut diidentifikasi menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan asosiatif dengan hubungan kausal untuk mengetahui pengaruh kepribadian sebagai variabel independen terhadap kematangan karier siswa sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Bondowoso dan pemilihan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan regresi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh tipe kerpribadian Hippocrates terhadap kematangan karier siswa di SMA Negeri 1 Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:36
Last Modified: 11 Aug 2022 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item