Strategi Radio Prosa FM Kabupaten Probolinggo Mempertahankan Segmen Pendengar Dalam Lagu-Lagu Madura Studi Kasus Program Sa-te Madura

ROMADHONI, LILIS (2022) Strategi Radio Prosa FM Kabupaten Probolinggo Mempertahankan Segmen Pendengar Dalam Lagu-Lagu Madura Studi Kasus Program Sa-te Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LILIS ROMADHONI_D20171023.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media yang dapat memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat. Mulai dari berita penting hingga hiburan, khususnya lagu-lagu daerah. Namun saat ini pendengar lagu-lagu daerah semakin menurun khususnya lagu daerah bernuansa Madura. Radio Prosa FM Probolinggo merupakan radio yang memiliki program Sa-Te (sapaan tembang) Madura, dimana program tersebut memutarkan lagu-lagu khusus Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Radio Prosa FM dalam mempertahankan segmen pendengar dalam program Sa-Te Madura dan alasan Radio Prosa FM mempertahankan program Sa-Te Madura. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Apa alasan Radio Prosa FM tetap mempertahankan program Sa-Te Madura?, 2) Apa strategi Radio Prosa FM untuk meningkatkan segmen pendengar program Sa-Te Madura? Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena peneliti menjelaskan fenomena yang terjadi dilapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang di peroleh dari penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tringulasi sumber dalam uji keabsahan data yang di peroleh. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) Alasan Radio Prosa FM mempertahankan program Sa-Te Madura ada dua di antaranya pertama alasan sosial budaya, yang di dalam program Sa-Te Madura memberikan informasi tentang kebudayaan yang ada di kabupaten Probolinggo seperti bahasa daerah Probolinggo yaitu bahasa Madura; alasan kedua yakni ekonomi, dimana ekonomi sangat membantu bertahannya sebuah radio dan dalam program Sa-Te Madura ini merupakan program yang terbanyak pemasang iklan. 2) Strategi yang di gunakan Radio Prosa FM dalam program Sa-Te Madura ini adalah ,a) Penyajian program dengan semenarik mungkin, b) Durasi program yang hanya dua jam untuk mengantisipasi kebosanan dari pendengar , c) Menggunakan media sosial sebagai media promosi, dan d) Interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:15
Last Modified: 15 Aug 2022 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item