Analisis Resepsi Audience Terhadap Iklan Partai Solidaritas Indonesia

WULANDARI, NUR FITRI AYU (2022) Analisis Resepsi Audience Terhadap Iklan Partai Solidaritas Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR FITRI AYU WULANDARI_D20151028.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Ditengah ramainya persaingan politik, PSI memilih konsep yang berbeda dari partai lain. Iklan dengan latar tahun 90-an tersebut pada akhirnya mampu menyita perhatian penonton. Dengan target pemilih anak muda, iklan ini menjadi sesuatu yang menimbulkan rasa penasaran karena sangat bertolak belakang dengan trend yang sedang ada. Namun iklan ini juga menimbulkan kontroversi yang disebabkan oleh adanya lirik ―tolak poligami‖ karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah pemeluk agama Islam, dimana agama Islam sendiri beberapa golongan mendukung poligami dengan berlandaskan ayat Al – Qur’an surat An Nisa Ayat 3 dan hadits. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerimaan audience terhadap iklan Partai Solidaritas Indonesia?; 2) Bagaimana sikap audience terhadap iklan Partai Solidaritas Indonesia?; 3)Bagaimana audience memaknai iklan Partai Solidaritas Indonesia?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerimaan audience terhadap Iklan Partai Solidaritas Indonesia; 2) Untuk mengetahui sikap audience terhadap Iklan Partai Solidaritas Indonesia; 3)Untuk mendeskripsikan makna iklan Partai Solidaritas Indonesia oleh audience. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah in depth interview dan observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisa. Analisis data yang digunakan adalah analisis resepsi khalayak. Hasil penelitian ini adalah dua narasumber dapat menerima, enam narasumber tidak dapat menerima iklan PSI. sikap narasumber memiliki hubungan antara afektif dan kognitif, dan narasumber memaknai iklan berbeda�beda sesuai dengan kategorisasi posisi dominan hegemonic, posisi negosiasi dan posisi oposisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:15
Last Modified: 15 Aug 2022 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item