Pengaruh Iklan E-commerce Shopee di Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Khas Jember)

Arinil Haq, Zailifiah (2022) Pengaruh Iklan E-commerce Shopee di Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Khas Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zailifiah Arinil Haq_D20171007.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang sedemikian pesat membuat kemunculan toko belanja online yang semakin pesat. Jual beli secara online (e�commerce) kini menjadi trend baru yang telah merambah dunia sekolah dan kampus serta merubah perilaku masyarakat termasuk mahasiswa. Perubahan perilaku tersebut dapat terlihat dari kebiasaan belanja mahasiswa, yang tadinya terbiasa berbelanja secara langsung di pasar tradisional atau pasar swalayan terdekat, saat ini mereka lebih gemar berbelanja secara online. Pertumbuhan e�commerce ini tentu dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk merebut hati konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan yaitu dengan terpaan iklan pada media internet dan sosial media youtube yang bertujuan untuk memengaruhi konsumen. E-commerce shopee merupakan situs jual beli online yang memiliki pencapaian cukup tinggi di Indonesia dan melihat dari perkembangannya promosi yang di iklankan situs ini cukup fenomenal dengan iklannya diberbagai media salah satu media yang sering digunakan adalah media youtube yang mana media ini memiliki keunggulan seperti virus dalam proses pengiklanannya. Sehingga dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan e-commerce shopee di youtube terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN KHAS Jember, dan seberapa besar pengaruh yang yang menerpa. Metde yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode kuantitatif eksplanatif. Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN KHAS Jember sebanyak 544 mahasiswa. Untuk mengetahui seberapa banyak sample yang dibutuhkan dalam penelitian pneliti mengunakan teknik pengambilan sample menggunakan rumus SLovin dengan taraf kepercayaan terhadap sample sebesar 95% dan taraf kesalaan sebesar 5% sehingga diketahui jumlah sample yang dibutuhkan sebanyak 230 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka dan perhitungan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai F-hitung = 16.705 dan nilai signifikasi = 0,000. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari pada alpha (0,05) maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima yang berarti bahwa indikator variabel independen yakni frekuensi menonton, intensitas menonton dan durasi menonton secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen atau perilaku konsumtif mahasiswa. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh indikator variabel independen nilai R Square (R2) = 0,426 atau identik dengan 42,6%. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan e-commerce shopee di youtube terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis UIN KHAS Jember 2017 adalah sebesar 42,6% dan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh faktor di luar ulasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:16
Last Modified: 15 Aug 2022 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item