Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Modul Tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi Tahun 2021

MAULANA, HENGKI (2021) Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Modul Tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HENGKI MAULANA_T20161023.pdf - Submitted Version

Download (56MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah kepada rasulnya yang terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. Namun realitanya umat muslim buta aksara Al-Qur’an masih tinggi. Berdasarkan hasil riset Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), sekitar 65% muslim Indonesia masih belum bisa membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, Griya Al-Qur’an adalah salah satu wadah bagi masyarakat Banyuwangi yang ingin belajar Al-Qur’an. Griya Al-Qur’an dalam memberikan bimbingan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan modul tahsin yang merupakan hasil inovasi tim Griya Al-Qur’an yang memang dirancang khusus untuk membantu para santri menguasai secara praktis kompetensi membaca Al-Qur’an. Fokus Penelitian yang diteliti yaitu : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan modul tahsin di Griya Al-Qur’an tahun 2021?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi tahun 2021?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an menggunakan modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi tahun 2021? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi Tahun 2021, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi Tahun 2021, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Al- Qur’an menggunakan modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi Tahun 2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Subyek penelitian menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran Al- Qur’an melalui modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi terlebih dahulu membuat Silabus, tujuan pembelajaran disesuaikan dengan standart modul tahsin, strategi pembelajaran dibuat tidak jauh berbeda dengan buku panduan guru mengajar Griya Al-Qur’an dan merumuskan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan santri. 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi menggunakan strategi pendekatan klasikal membaca alat peraga dan individual baca simak, materi pembelajaran dikelompokkan sesuai dengan kemampuan santri, media pembelajarannya menggunakan papan tulis, modul tahsin, dan Al-Qur’an Rasm Usmani, dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran Griya Al-Qur’an mempunyai langkah�langkah pembelajaran yang dikenal dengan sebutan SUBUH yaitu Salam, Ulangi, Berikan, Uji, dan Hamdalah. 3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an melalui modul tahsin di Griya Al-Qur’an Banyuwangi menggunakan 3 tahap evaluasi yaitu Pre-Test, Harian dan akhir semester. Pre-Test dilakukan untuk mengetahui kemampuan para santri yang masuk di Griya Al-Qur’an kemudian nantinya pengelompokan materi akan ditentukan berdasarkan hasil pre-test yang telah diikuti, evaluasi harian guna mengukur kemampuan santri dalam pembelajaran yang sudah berlangsung, evaluasi akhir semester dilakukan 3 bulan sekali untuk menentukan kelulusan atau kenaikan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:21
Last Modified: 15 Aug 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item View Item