Analisis Pengaruh Biaya Transaksi pada Realisasi Proyek Properti di PT Bank BTN Syariah KCP Probolinggo. Skripsi, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.

SAROSO, AGUS (2021) Analisis Pengaruh Biaya Transaksi pada Realisasi Proyek Properti di PT Bank BTN Syariah KCP Probolinggo. Skripsi, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AGUS SAROSO_E20151149.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

PT Bank BTN Syariah KCP Probolinggo merupakan lembaga keuangan syariah yang melayani berbagai layanan bank BTN kepada nasabahnya seperti simpanan pinjaman bank BTN, simpanan bank BTN, pengecekan kurs bank BTN, pengajuan kredit BTN, transfer dana, setor tunai, penarikan langsung, pembuatan akun rekening hingga biaya transaksi pada realisasi proyek properti. Selain itu, bank BTN juga memiliki banyak produk lain seperti program KPR bank BTN dan layanan internet banking dan mobile banking untuk mendukung aktivitas nasabah yang mobile. Dengan hal tersebut Bank BTN Syariah KCP Probolinggo berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Probolinggo serta mengembangkan lembaga keuangan yang berbasis syariah di Indonesia. Tujuan Penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui dan membuktikan pengaruh biaya transaksi pada realisasi proyek properti di Bank BTN KCP Probolinggo. (2) mengetahui persentase pengaruh biaya transaksi pada realisasi proyek properti di Bank BTN KCP Probolinggo. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel X (biaya transaksi) berpengaruh terhadap varibel Y (realisasi proyek properti) pada PT Bank BTN Syariah KCP Probolinggo tahun 2020. Hal ini terbukti melalui hasil uji signifikansi t dengan tarafsignifikan 5%. Telah diketahui bahwa t hitung biaya transaksi = 4,158 atau nilai sig. = 0,000. dan sesuai dengan kreteria Ho ditolak jika nilai sig. < 0,05, sehingga 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi variabel X (biaya transaksi) memiliki pengaruh nyata terhadap variabel Y (realisasi proyek properti). Artinya variabel pengaruh biaya transaksi (X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap realisasi proyek properti (Y) di PT Bank BTN Syariah KCP Probolinggo. (2) Besaran pengaruh variabel biaya transaksi terhadap realisasi proyek properti pada PT Bank BTN Syariah KCP Probolinggo tahun 2020 dapat dijelaskan oleh Hasil koefisien R2 hitung (Koefisien Determinasi), yakni sebesar 0,181. Hal ini menunjukkan bahwa biaya transaksi (X) mempengaruhi realisasi proyek properti (Y) sebesar 18,1% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan didalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:21
Last Modified: 15 Aug 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item