Peran Kepala Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di MA 03 Al Ma’arif Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajara 2020/2021.

JUMALA, INTAN (2022) Peran Kepala Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di MA 03 Al Ma’arif Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajara 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INTAN JUMALA_T20173060.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kepala madrasah sebagai administrator merupakan sebuah peran yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja para bawahannya, hal ini disebabkan oleh kegiatan yang ada didalam administrasi itu sendiri diantaranya mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pembinaan dan evaluasi, sedangkan pengertian dari supervisi adalah segala sesuatu dari tugas-tugas sekolah dalam memimpin guru dan petugas pendidikan lainnya dalam memperbaiki pengajaran termasuk memperkembangkan guru-guru, menyelesaikan dan merevisi tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran dan metode mengajar dan penilaian pengajaran. Oleh karena itu seorang kepala sekolah harus selalu aktif menjalankan perannya untuk bisa meningkakan mutu pendidikan. Peneliti melakukan penelitian di MA 03 Al-Ma’arif karena sekolah tersebut termasuk sekolahn tertua yang masih mempertahankan mutu pendidikannya dari tahun ke tahun. Fokus penelitian ini 1) bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Administrator dalam Upaya Peningkatan Mutu pada masa pandemi covid 19 di MA 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember? 2) bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Upaya Peningkatan Mutu pada masa pandemic covid 19 di MA 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember? Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana metode ini menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dan analisis data menggunakan analisis reflektif thinking yaitu dengan mengkombinasikan cara berfikir deduktif dan cara berfikir induktif. Keabsahan data menggunakan traingulasi sumber dan traingulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu kepala madrasah dengan menjalankan perannya sebagai manager, komunikator, pemangku kebijakan, administrator dan supervisior. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan cara meningkatkan mutu guru yaitu dengan diikut sertakan seminar-seminar, pelatihan serta sertifikasi guru. Membuat perencanaan, menyusun organisasi madrasah, serta mampu bertindak sebagai koordinator dan serta melaksanakan pengelolan kepegawaian. Melakukan monitoring dan pengawasan terhadap proses belajar mengajar, memotivasi, membantu guru untuk meningkatkan profesionalisme guru, serta melakukan instruksi kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:20
Last Modified: 15 Aug 2022 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item