Peran Komunitas Gubuk Pustaka Ndalung Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Musik Patrol Di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember Pada Tahun 2010-2021.

ULUM, MIFTAHUL (2022) Peran Komunitas Gubuk Pustaka Ndalung Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Musik Patrol Di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember Pada Tahun 2010-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAHUL ULUM_U20174005.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan komunitas gubuk pustakandalung dalam melestarikan kesenian tradisional musik patrol. Terbentuknya komunitas gubuk pustaka ndalung, suatu komintmen pemuda dusun Lembungsari dalam melestarikan kesenian tradisional musik patrol. Peran komunitas dalam melestarikan kesenian tradisional musik patrol sangatlah konsisten dari tahun 2010 hingga 2021, hal ini memicu perkembangan kesenan tradisional musik patrol gubuk pustaka ndalung, sehingga peran dan strategi komunitas dapat menjadi pemicu dalam perkembangan musik patrol. Peran rumah baca, peran masyarakat dan peran pelestarian kesenian tradisional di dusun Limbungsari, menjadi suatu peranan yang mengangkat eksistensi pelestarian kesenian tradisional musik patrol yang ada di komunitas gubuk pustaka ndalung. Adapun fokus penelitian yang di tulis oleh peneliti di dalam skripsi ini adalah: (1.) bagaimana peran komunitas gubuk pustaka ndalung dalam melestarikan kesenian tradisional musik patrol ? (2.)bagaimana strategi yang di pilih oleh komunitas gubuk pustaka ndalung untuk melestarikan kesenian tradisional musik patrol. ? tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sekaligus memahami bagaimana peran komunitas gubuk pustaka ndalung dalam melestarikan kesenian tradisional musik patrol yang ada di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember Padatahun 2010 Sampai 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menekankan pada kekuatan analisis tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode penelitian sejarah, obserfasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam teknis analisis data penulis menggunakanhistoriografi. Adapun teori yang di gunkan oleh peneliti ialah menggunakan teori Max Weber (tindakan sosial), peranan dan pelstarian kesenian tradisional. Hal ini untuk menjelaskan mengenai judul Skripsi Tentang Peran Komunitas Gubuk Pustaka Ndalung Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Musik Patrol Di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember Pada Tahung 2010-2021. Hasil temuan penelitian ini komunita gubuk pustaka ndalung memiliki peranan sebagai: peran rumah baca, peran masyarakat, peran pelestarian kesenian tradisional, dan strategi Relasi dan komunikasi, serta pelestarian kesenian tradisional musik patrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:19
Last Modified: 15 Aug 2022 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item