“Implementasi Sistem Pengendalian Internal Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan bermasalah pada BMT UGT Sidogiri Cabng wirolegi jember

FATIKA, RIRIS (2021) “Implementasi Sistem Pengendalian Internal Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan bermasalah pada BMT UGT Sidogiri Cabng wirolegi jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIRIS FATIKA_E20161030.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pada kenyataanya praktek yang terjadi di lapangan sebuah pembiayaan yang dilakukan di sebuah perusahaan pasti mengalami resiko yang terjadi, salah satu resiko yang terjadi pada BMT UGT sidogir cabang wirolegi jember yaitu dengan adanya pembiayaan yang bermasalah. Dalah hal ini ada beberapa factor yang menyebabkan terjadinya risiko pembiayaan bermasalah pada BMT. Dalam hal ini pihak BMT UGT Sidogir cabang wirolegi jember memiliki cara tersendiri dengan menerapkan sistem pengendalian internal dalam meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah yang terjadi di lembaga. Oleh karena itu pengawasan yang dilakukan pada BMT UGT sidogiri cabang wirolegi yaitu dengan cara terus menerus melakukan sebuah pemantauan terhadap kinerja para karyawan dalam melaksanakan tanggung jawabnya dengan menerapkan dari adanya pemisahan wewenang dari berbagai fungsi operasional, fungsi penyimpanan, dan aministrasi. Fungsi operasional dan pemisahan wewenanng tersbu Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Sistem Pengendalian Internal Pada BMT UGT Sidogiri Cabang Wirolegi Kabupaten Jember? (2) Bagaimana risiko pembiayaan yang terjadi pada BMT UGT Sidogiri Cabang Wirolegi Kabupaten Jember? (3)Bagaimana Impelementasi Sistem Pengendalian Internal dalam meminimalisir risiko pembiayaan Pada BMT UGT Sidogiri Cabang Wirolegi Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai proses penerapan sistem pengendalian internal yang ada pada BMT UGT sidogiri dan untuk mengetahui bagaimana mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah yang ada pada BMT. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan penelitian secara langsung berupa wawancara untuk mendapatkan data. Untuk tehnik pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan teori kepustakaan, kemudian dari semua data yang terkumpul dioleh secara sistematis. Kata Kunci: pengendalian internal dan resiko pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:18
Last Modified: 15 Aug 2022 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item