Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Di Pos Paud Aster 36 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Antika Sari, Fenia (2021) Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Di Pos Paud Aster 36 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fenia Antika Sari_T20165019.pdf - Submitted Version

Download (16MB)

Abstract

Manusia adalah pelaku utama kerusakan lingkungan alam di bumi, karena itu sangat penting untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan dengan meningkatkan kecerdasan naturalis anak dimulai sejak dini. Untuk meningkatkan kecerdasan naturalis tidak cukup hanya dengan menghadirkan buah-buahan di kelas. Anak membutuhkan kegiatan yang membuat siswa peduli lingkungan alam. Pos PAUD Aster 36 merancang pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis dengan cara melakukan pembiasaan untuk menumbuhkan sikap peduli pada lingkungan yang rutin dilakukan setiap hari jum’at. Fokus penelitian : 1) Bagaimana perencanaan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 di Pos Paud Aster 36? 2) Bagaimana pelaksanaan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 di Pos Paud Aster 36? 3) Bagaimana evaluasi pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 di Pos Paud Aster 36? Tujuan penelitian yaitu 1) Mendiskripsikan perencanaan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 di Pos Paud Aster 36. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 di Pos Paud Aster 36. 3) Mendiskripsikan evaluasi pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 di Pos Paud Aster 36. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pos PAUD Aster 36. Dilaksankan pada tanggal 25 Mei 2021 sampai tanggal 11 Juni 2021. Informan : 1) Junaidah selaku pengelola 2) Muzaiyanah selaku wali kelas B1 3) Ika Wahyu Pratiwi selaku wali murid 4) Keisha Anindya Chayani selaku siswa kelompok B1 5) Ratna Ernawati selaku warga sekitar Pos PAUD Aster 36, dengan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: kondensasi data, data display, dan Kesimpulan/verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian : 1) Perencanaan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar di Pos PAUD Aster 36 dengan merancang SOP merupakan langkah yang tepat untuk menjaga pelaksanaan kegiatan agar sesuai dengan visi misi lembaga, 2) Pelaksanaan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar di Pos PAUD Aster 36 bahwa setiap sekolah memiliki skenario tahapan yang berbeda-beda disesuaikan dengan metode yang digunakan, 3) Evaluasi pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar di Pos PAUD Aster 36 belum melengkapi satu tahap pada evaluasi kegiatan yaitu pembuatan form evaluasi kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:18
Last Modified: 15 Aug 2022 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12257

Actions (login required)

View Item View Item