Komparasi Kualitas Pelayanan Pada Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Dan Manual Di Pegadaian Syariah Unit Simpang Lima Banyuwangi

ADKHIYA, LISTINA (2021) Komparasi Kualitas Pelayanan Pada Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Dan Manual Di Pegadaian Syariah Unit Simpang Lima Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LISTINA ADKHIYA_E20171171.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan perusahaan agar terciptanya kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk menjadi nasabah loyalitas. Pada saat ini masyarakat sudah terbiasa dengan pelayanan yang diberikan oleh pegadaian syariah dimana sistem pelayanan yang diberikan secara manual dan online dengan aplikasi pegadaian syariah digital. Aplikasi ini berisi informasi produk dan pembayaran angsuran serta pembayaran tagihan bulanan yang dapat menunjang pelayanan manual agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Fokus penelitian: 1) Bagaimana kualitas pelayanan pada pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah Unit Simpang Lima Banyuwangi? 2) Bagaimana komparatif kualitas pelayanan antara pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah Unit Simpang Lima Banyuwangi?. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan pada pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah Unit Simpang Lima Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui komparatif kualitas pelayanan pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah Unit Simpang Lima Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian yaitu: 1) Pelayanan yang diterapkan dengan 3S (sapa, senyum, dan salam). Kualitas yang diberikan kepada nasabah sudah optimal dan akurat dimulai dengan daya tanggap, kemampuan karyawan dalam menawarkan dan memberikan pelayanan sesuai dengan SOP Pegadaian Syariah sehingga terciptanya kepercayaan nasabah untuk perusahaan. 2) komparasi kualitas pelayanan terdapat pada prosedur pelayanan dimana secara manual datang langsung ke pegadaian syariah dengan membawa persyaratan melakukan transaksi dengan menunggu sekitar 15 menit. Sedangkan pelayanan secara online nasabah cukup menggunakan handphone dengan waktu 1x24 jam akan tetapi masih sering terjadi error pada sistem aplikasi tersebut yang mengharuskan nasabah datang ke pegadaian syariah terdekat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:17
Last Modified: 15 Aug 2022 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item