Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Pegadaian Syariah Cabang Kediri)

Ihsanuddin, Zul (2021) Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Pegadaian Syariah Cabang Kediri). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zul Ihsanuddin_E20161081.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan Pegadaian terus meningkat termasuk juga di wilayah Kediri. Produk-produk yang ada di pegadaian syariah diantara nya adalah Pembiayaan Gadai Syariah atau arrahn, arrum, Amanah dan produk emas yaitu mulia dan yang sedang dalam perkembangan adalah Tabungan Emas. Tabungan emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Dalam menghadapi persaingan antar lembaga keuangan, maka setiap perusahaan harus mengetahui kondisi pasar yang selalu berubah-ubah di tambah pula dengan adanya pandemi covid-19 ini. Strategi pemasaran perlu dilakukan karena didalam suatu pasar terdapat banyak pembeli yang berbeda-beda keinginan dan kebutuhanya. Fokus Peneliitan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Kediripada masa pandemi Covid-19 dalam memikat minat nasabah untuk berinvestasi tabungan emas? (2) Bagaimana minat para nasabah dalam berinvestasi tabungan emas yang di miliki oleh Pegadaian Syariah Cabang Kediri pada masa pandemi Covid-19 ? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode Pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa. Pertama, meski di masa pandemi, penerapan bauran-bauran pemasaran 4P digunakan dalam pegadaian syariah, namun dalam hal hal promosi, perusahaan lebih memfokuskan pada media sosial demi menarik minat para nasabah. Kedua, meski nasabah terus meningkat meski di era pandemi, namun tidak terlalu signifikan, masih banyak nasabah peminat produk lain yang masih belum faham terkait manfaat-manfaat dari investasi tabungan emas itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:17
Last Modified: 15 Aug 2022 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item