Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Murabahah Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016 – 2020.

Nangimah, Natifatun (2021) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Murabahah Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016 – 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Natifatun Nangimah_E20171114.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

ROA merupakan rasio profitabilitas yang diukur dengan sebagian besar aset berasal dari dana nasabah. Semakin besar ROA maka akan semakin besar pula tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan. Perkembangan ROA selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya tetapi masih belum mampu mendorong market share yang sesuai dengan target. Target pertumbuhan market share perbankan syariah adalah 20% akan tetapi faktanya masih 5,87% atau dibawah 6%. Oleh karena itu adanya fenomena ini peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Pendapatan pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Murabahah terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2020”. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh dari CAR terhadap ROA BUS di Indonesia periode Januari 2016 – Desember 2020) Apakah terdapat pengaruh dari pendapatan pembiayaan mudharabah terhadap ROA BUS di Indonesia periode Januari 2016 – Desember 2020? 3) Apakah terdapat pengaruh dari pendapatan pembiayaan murabahah terhadap ROA BUS di indonesia periode Januari 2016 – Desember 2020. Tujuan penelitian ini adalah a) guna mengetahui apakah ada pengaruh CAR terhadap ROA pada Bank Umum Syariah b) guna mengetahui apakah ada pengaruh pendapatan pembiayaan mudharabah terhadap ROA pada Bank Umum Syariah c) guna mengetahui apakah ada pengaruh pendapatan pembiayaan murabahah terhadap ROA pada Bank Umum Syariah. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini memakai metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan sumber data sekunder. Teknik pemilihan sampel yang digunakan ialah metode purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, pendapatan pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, variabel pendapatan pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:16
Last Modified: 15 Aug 2022 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12268

Actions (login required)

View Item View Item