Penerapan Reward and Punishment dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an Muhammad Sanusi Abdurrahman (MSA) Rogojampi Banyuwangi

HIMMAH, MAYA ANIQOTUL (2021) Penerapan Reward and Punishment dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an Muhammad Sanusi Abdurrahman (MSA) Rogojampi Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAYA ANIQOTUL HIMMAH_T20171280.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Santri di TPQ Darul Qur’an sebagian besar adalah anak-anak Sekolah Dasar dimana mereka masih asyik dengan dunia bermainnya, maka dalam upaya mencegah suatu permasalahan yang akan terjadi dalam proses pembelajaran lembaga TPQ Darul Qur’an MSA menerapkan reward dan punishment sebagai motivasi, semangat, dan membentuk tanggung jawab santri. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk reward and punishment dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an MSA? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat reward and punishment dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an MSA? 3) Bagaimana dampak penerapan reward and punishment dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an MSA?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk reward and punishment dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an MSA 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat reward and punishment dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an MSA 3) Mendeskripsikan bagaimana dampak penerapan reward and punishment dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Darul Qur’an MSA. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi moderat, dan dokumenter. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles dan Hubermen yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Bentuk-bentuk reward yang diterapkan yaitu verbal dan non verbal. Punishment berupa: hukuman ringan, sedang, dan berat 2) Faktor pendukung penerapan reward and punishment adanya niat dan semangat dalam belajar dan menambah setoran, guru ikut serta menghafal minimal juz 30, dukungan yang diberikan orang tua, dan kegiatan�kegiatan positif di masyarakat. Faktor penghambat penerapan reward dan punishment yaitu sering bergurau saat jam pelajaran, guru sering datang terlambat dan izin tidak masuk, adanya sebagian kecil wali santri yang tidak mendukung penerapan hukuman, dan adanya perkembangan IPTEK. 3) Dampak positif dari penerapan reward dan punishment yaitu memberikan rasa semangat, termotivasi, bertanggung jawab, dan membentuk sikap disiplin dan berakhlaqul karimah. Dampak negatif dari penerapan reward yaitu adanya rasa iri kepada siswa yang tidak mendapatkan hadiah. Sedangkan dampak negatif dari penerapan punishment yaitu adanya rasa takut, malu, tidak percaya diri, dan mengurangi keberanian anak untuk bertindak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:57
Last Modified: 16 Aug 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item View Item