Penerapan Fungsi Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Kerja Sama Guru BK Dengan Guru PAI) Di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan Jember Tahun 2021

Arum, Eka Retno (2022) Penerapan Fungsi Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Kerja Sama Guru BK Dengan Guru PAI) Di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan Jember Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eka Retno Arum_T20171172.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah memfasilitasi pengembangan peserta didik secara individual, kelompok, dan klasikal, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik. Maka dari itu peran bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan Jember memiliki peran yang signifikan, untuk itu guru bimbingan konseling juga bekerja sama dengan semua elemen sekolah terutama guru PAI dalam upaya membentuk karakter siswa yang diharapkan. Adapun fokus penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan fungsi pemahaman dalam bimbingan dan konseling untuk membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan ? (2) Bagaimana penerapan fungsi pencegahan dalam bimbingan dan konseling untuk membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan ? (3) Bagaimana penerapan fungsi pengentasan dalam bimbingan dan konseling untuk membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan fungsi pemahaman bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan. (2) Mendeskripsikan penerapan fungsi pencegahan dalam bimbingan dan konseling untuk membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan. (3) Mendeskripsikan penerapan fungsi pengentasan dalam bimbingan dan konseling untuk membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan atau (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Tahap penelitiannya yaitu pralapangan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Penerapan fungsi pemahaman bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan, guru BK melakukan tes kepada siswa di awal masuk untuk mengetahui kemampuan siswa, karakter dan bakat serta masa orientasi siswa dan memahami masalah yang ada dengan cara melakukan kerja sama dengan guru terkait masalah belajar. (2) Penerapan fungsi pencegahan bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan, guru BK menerapkan fungsi pencegahan dengan melakukan upaya pencegahan agar siswa tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan Pendidikan karakter. Salah satu caranya yaitu membentuk karakter religius siswa dengan pembiasaan sholat dhuha. (3) Penerapan fungsi pengentasan bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter siswa di SMP IT Ibnu Sina, guru BK melakukan upaya pengentasan atau perbaikan masalah yang dialam siswa, seperti masalah terlambat, tidak memakai seragam dengan benar, membolos kemudian BK memberikan teguran dan sanksi bagi yang melanggar peraturan atau tertib yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:57
Last Modified: 16 Aug 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item