Analisis Akad Salam Pada Jual Beli Polybag Dengan Sistem Cash On Delivery di UD Agrotani Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Mutmainah, Siti (2021) Analisis Akad Salam Pada Jual Beli Polybag Dengan Sistem Cash On Delivery di UD Agrotani Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Mutmainah_E20172097.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan manusia memerlukan interaksi dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup, karena pada dasaranya manusia merupakan makhluk sosial. Kegiatan jual beli merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dalam kegiatan jual beli barang yang diinginkan tidak selalu tersedia dikarenakan oleh beberapa faktor, oleh karena itu diperlukan pemesanan terlebih dahulu dalam proses pembelian tersebut, begitu juga dengan sistem pembayaranya yang dilakukan. Ada kemudahan sistem pembayaran seiring perkembangan jaman yaitu pembayaran ditempat atau bayar ketika barang yang dibeli sudah sampai. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan akad salam pada jual beli polybag dengan sistem Cash On Delivery di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan kabupaten Jember?, 2) bagaimana praktek jual beli polybag dengan sistem Cash On Delivery di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan kabupaten Jember?, 3) apa kendala dalam penerapan akad salam pada jual beli polybag dengan sistem Cash On Delivery di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan akad salam pada jual beli polybag dengan sistem Cash On Delivery di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan kabupaten Jember, 2) untuk mengetahui praktek jual beli polybag dengan sistem Cash On Delivery di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan kabupaten Jember, 3) untuk mengetahui kendala dalam penerapan akad salam pada jual beli polybag dengan sistem Cash On Delivery di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yaitu fenomenologi. Lokasi penelitian di UD Agrotani desa Ampel kecamatan Wuluhan. Penentuan informan yang dilakukan menggunakan metode purposive yaitu pengambilan data kepada informan yang dianggap mengetahui data yang dibutuhkan dalam proses penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pada proses kegiatan jual beli polybag di UD Agrotani konsumen memesan terlebih dahulu, pesanan dilakukan dengan cara menelfon pada owner dan menyertakan jumlah polybag dan alamat yang dituju, 2) sistem pembayaran yang digunakan sistem pembayaran Cash On Delivery yaitu ketika polybag sudah diterima kemudian pembeli melakukan pembayaran, 3) kendala yang terjadi pada UD Agrotani yaitu pada proses produksi bessek wadah dari polybag yang ketersediaanya kurang, karena bekerja sama dengan ibu-ibu rumah tangga dan tiap harinya tidak tentu berapa bessek yang dihasilkan, dan juga pembayaran tidak sesuai dengan kesepakatan namun kendala yang terjadi bisa diatasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:56
Last Modified: 16 Aug 2022 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item