Analisis Penyelesaian Pembiayaan Pada Produk Kredit, Cepat dan Aman bagi Nasabah yang Meninggal Dunia pada PT. Pegadaian UPC Jenggawah

JANNAH, KUSFARATUL (2021) Analisis Penyelesaian Pembiayaan Pada Produk Kredit, Cepat dan Aman bagi Nasabah yang Meninggal Dunia pada PT. Pegadaian UPC Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KUSFARATUL JANNAH_E20161026.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pada prakteknya penyaluran dana melalui pembiayaan sudah pasti ada resiko. Salah satu resiko yang terjadi di PT. Pegadaian UPC Jenggawah yaitu adanya nasabah yang meninggal dunia sebelum jatuh tempo. Hal ini terjadi pada salah satu produk yang ada di Pegadaian yaitu produk Kredit, Cepat dan Aman (KCA). Produk KCA merupakan salah satu produk unggulan yang ada di Pegadaian dan banyak diminati oleh masyarakat karena prosedur yang mudah dan proses yang cepat. Dalam hal ini pihak PT. Pegadaian UPC Jenggawah memiliki cara tersendiri untuk meminimalisir terjadinya kerugian akibat adanya nasabah yang meninggal dunia sebelum jatuh tempo yaitu dengan cara bekerja sama dengan lembaga Asuransi Jasa Raharja. Dengan demikian, setiap nasabah yang mengajukan pembiayaan khususnya pada produk KCA telah dicover oleh lembaga Asuransi. Namun apabila ada nasabah yang meninggal dunia sebelum jatuh tempo, ada beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh ahli waris agar bisa melakukan klaim asuransi. Oleh karena itu, jika nasabah yang bersangkutan telah meninggal dunia ahli waris harus menginformasikan kepada pihak Pegadaian agar klaim asuransi bisa segera dicairkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Bagaimana prosedur pengajuan pembiayaan produk Kredit, Cepat dan Aman (KCA) pada PT. Pegadaian UPC Jenggawah ? dan bagaimana mekanisme penyelesaian pembiayaan produk Kredit, Cepat dan Aman (KCA) bagi nasabah yang meninggal dunia pada PT. Pegadaian UPC Jenggawah ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai prosedur pengajuan pembiayaan produk KCA pada PT. Pegadaian Jenggawah dan untuk mengetahui bagaimana mekanisme penyelesaian pembiayaan produk KCA bagi nasabah yang meninggal dunia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan penelitian secara langsung berupa wawancara untuk mendapatkan data. Untuk tehnik pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan teori kepustakaan, kemudian dari semua data yang terkumpul dioleh secara sistematis. Hasil penelitian ini adalah prosedur dalam pengajuan kredit KCA sangatlah mudah dan sederhana. Nasabah yang ingin mengajukan kredit hanya perlu membawa KTP dan barang jaminan, maka pengajuan akan segera diproses. Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 10-20 menit proses pencairan bisa dilakukan. Kemudian dalam mekanisme yang diberikan juga cukup mudah. Ahli waris harus melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan oleh PT. Pegadaian UPC Jenggawah, jika berkas telah lengkap kemudian diserahkan kepada pihak PT. Pegadaian. Kemudian proses selanjutnya akan dilakukan oleh PT. Pegadaian Cabang Jember dan pihak Asuransi. Ahli waris hanya menunggu informasi terkait proses pencairan klaim asuransi dan penyerahan barang agunan. Kata Kunci : Prosedur, Mekanisme, Pembiayaan produk KCA, Klaim Asuransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:59
Last Modified: 16 Aug 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item View Item