STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KELAS TAHFIDZ DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM ANTIROGO JEMBER

Moh., Andrian (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KELAS TAHFIDZ DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM ANTIROGO JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Watermark siap andrian.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Manajemen strategi, Mengembangkan, Kelas Tahfidz.

Di era digitalisasi yang semakin merajalela, potensi menjadi salah satu nilai tawar yang harganya tidak dapat dibandingkan dengan hal apapun. Oleh karena itu agar bisa bertahan dan bersaing di era saat ini, persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh setiap manusia adalah kemampuan berkompetensi dengan bekal keunggulan kompetitif.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh manusia yaitu melalui pendidikan. Pendidikan adalah kebutuhan setiap manusia dengan sejuta manfaat dan tujuan di dalamnya
Fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana perencanaan Kepala Madrasah dalam mengembangkan kelas tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan Kepala Madrasah dalam mengembangkan kelas tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Jember? (3) Bagaimana evaluasi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kelas tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menentukan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi serta keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber dan teknik analisisis data yang digunakan adalah model interaktif miles huberman dan saldana yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Prencanaan program tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Antirogo Jember yaitu, a) Analisis kebutuhan siswa, b) Perumusan tujuan program tahfidz yang sesuai dengan visi-misi lembaga Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Antirogo Jember, c) Membuat jadwal program kelas tahfidz 2) Pelaksanaan kepala madrasah dalam mengembangkan kelas tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam yaitu, dengan melaksanakan pembagian jadwal agar peran pembina terkait tugas-tugasnya membimbing dan mendidik siswa siswi di kelas tahfidz bisa berjalan dengan baik. Sedangkan terkait pelaksanaannya yaitu setiap hari senin sampai sabtu jam 12.00-13.30 WIB. 3)Evaluasi kepala madrasah dalam mengembangkan kelas tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Antirogo Jember yaitu, dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dari pengembangan kelas tahfidz yaitu, faktor pendukungnya adalah faktor motivasi, psikologis, kesehatan, kecerdasan, usia, dan faktor penghambatnya adalah, siswa tidak bisa mengatur waktu, lingkungan yang kurang kondusif dan siswa belum bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moh.Andrian Andrian
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:58
Last Modified: 16 Aug 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12288

Actions (login required)

View Item View Item