MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH NURUL HIDAYAH KONCER KIDULTENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ahmad Faruq, Al Fatah (2022) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH NURUL HIDAYAH KONCER KIDULTENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Faruq Al Fatah_T20163051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Pembentukan karakter, Religius.

Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pendidikan karakter yang sangat penting untuk mendapatkan pengalaman langsung. Peserta didik terlibat secara aktif dan menyediakan cukup waktu diluar jam efektif pelajaran, sehingga pendidikan nilai lebih terakomodasi melalui aktivitas kegiatan ekstrakurikuler.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana program perencanaan, penerapan dan evaluasi manajemen kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Nurul Hidayah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif melalui kondensasi data, Penyajian, dan Penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian: (1) Perencanaan pendidikan karakter Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hidayah dilakukan pada awal tahun melalui kegiatan workshop dengan melibatkan guru, peserta didik, dan komite madrasah. Perencanaan yang dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh madrasah yang meliputi analisis kebutuhan, perencanaan ekstrakurikuler dana dan sarana, serta manfaat bagi peserta didik dan madrasah. (2) Penerapan manajemen kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hidayah yaitu dengan mengadakan kegiatan kesenian Hadroh, BTQ atau Hafalan Juz ‘amma, kegiatan Istighosah dan sholat dluhur berjamaah. (3) Evaluasi manajemen kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hidayah dititikberatkan pada hasil yang dicapai, yaitu tumbuhnya nilai karakter dalam diri peserta didik. Indikatornya adalah perilaku peserta didik yang disesuikan dengan nilai-nilai karakter yang ditetapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya pembentukan budaya madrasah yang berkarakter religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ahmad Faruq Al Fatah
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:28
Last Modified: 16 Aug 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12289

Actions (login required)

View Item View Item