Novita Sari, Puput (2022) Manajemeen Pelayanan Jamaah Haji Kementrian Agama Kabupaten Probolinggo Tahun 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Puput Novita Sari_D20174027.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo merupakan instansi pemerintah yang membidangi urusan agama. Adapun tugas Kementerian Agama adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan agama. Sedangkan fungsi Kementerian Agama adalah 1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang bimbingan masyarakat islam, Kristen, katolik, hindu, budha, dan konghucu, penyelenggaraan haji dan umrah, dan pendidikan agama dan keagamaan. 2. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Agama. 3. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Agama. 4. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Agama.5. pelaksanaan bimbingan teknis dan supervise atas pelaksanaan urusan Kementerian Agama di daerah. 6. Pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.7. pelaksanaan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan di bidang agama dan keagamaan. 8. Pelaksanaan penyelenggaraan jaminan produk halal dan, 9. Pelaksanaan dukungan substantive kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Agama. Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo terletak di Jl. KH. Hasan Genggong, No.235, Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Penelitian difokuskan pada: 1) Bagaimana manajemen pelayanan jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo tahun 2020? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan manajemen pelayanan jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo tahun 2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Manajemen pelayanan yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo ini sudah sesuai dengan fungsi�fungsi manajemen yakni, adanya perencanaan yang baik, pengorganisasian yang terstruktur, pengawasan dan pelaksanaan yang baik. 2. Manajemen Pelayanan Jamaah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo ini Khususnya para staff dituntut agar bersikap sopan, ramah, salam sapa yang baik, dan membimbing dengan sabar pada saat calon jamaah haji atau umrah mendaftar jika ada yang tidak dimengerti terkait pendaftaran haji maupun umrah. 3. Pelayanan pendaftaran ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo sudah sesuai dengan SOP berdasarkan UU No 13 tahun 2008 4. Prosedur pendaftaran sudah dijelaskan secara rinci. 5. Staff PHU ditempatkan sesuai dengan bidang masing-masing 6. Penyediaan informasi terkait pendaftaran haji, pelimpahan porsi, dan lain sebagainya sudah disediakan di Kantor Penyelenggara Haji Umrah dan juga lewat online yakni aplikasi Haji Pintar. 7. Estimasi waktu pendaftaran dengan mudah dan cepat karena adanya SISKOHAT ( sistem komputerisasi haji terpadu ) 8. Adanya LSA ( Layanan Satu Atap ) yang mencangkup Bank Panin, Bank Mega, dan Bank Permata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:10 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12304 |
Actions (login required)
View Item |