Penerapan Prinsip Kehati-hatian Dalam Meminimalisasi Risiko Pembiayaan Macet di BMT Nuansa Ummah Cabang Mayang Kabupaen Jember.

QOMARIAH, NURUL (2021) Penerapan Prinsip Kehati-hatian Dalam Meminimalisasi Risiko Pembiayaan Macet di BMT Nuansa Ummah Cabang Mayang Kabupaen Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL QOMARIAH_E20171022.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan saat ini, khususnya Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) walaupun mengalami perkembangan yang cukup besar, Namun BMT harus siap dengan risiko-risiko yang kemungkinan terjadi selama menjalankan usahanya. Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam, BMT Nuansa Ummah harus menerapkan prinsip kehati-hatian. Berdasarkan latar belakang tersebut fokus penelitian dalam penelitian iniantara lain sebagai berikut: 1). Bagaimana penerapan prinsip kehati-hatian dalam meminimalisasi risiko pembiayaan macet di BMT Nuansa Ummah cabang Mayang?; 2). Apa saja kendala dan solusi yang dihadapi dalam menerapkan prinsip kehati-hatian di BMT Nuansa Ummah cabang Mayang?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penarikan kesmipulan dan penyajian data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triagulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). BMT Nuansa Ummah menerapkan prinsip kehati-hatian 5C yaitu Charakter, Capacity, Capital, Collateral, Condition; 2). Kendala yang dihadapi dalam menerapkan prinsip kehati-hatian adalah: a). Usaha nasabah memiliki titik jenuh; b). Nasabah memiliki sifat yang tidak amanah. Sedangkan solusi yang diambil oleh BMT Nuansa Ummah adalah: a). Memperpanjang jangka waktu angsuran, Menjalankan fungsi sebagai baitul maal dan menjaga silaturrahmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:34
Last Modified: 18 Aug 2022 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12307

Actions (login required)

View Item View Item