Strategi Kepemimpinan Kepala KUA dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Rosiatun Ulfa, Siti (2022) Strategi Kepemimpinan Kepala KUA dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rosiatun Ulfa_D20174033.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak pemimpin. Bila mereka menginginkan setiap karyawan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian sebuah instansi/lembaga, karena dengan motivasi, seorang karyawan akan memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Tanpa adanya motivasi seorang karyawan tidak dapat memenuhi tugasnya sesuai standar atau bahkan melampaui standar karena apa yang menjadi motif dan motivasinya dalam bekerja tidak dipenuhi sekalipun seorang karyawan memiliki kemampuan oprasional yang baik, bila tidak memiliki motivasi dalam bekerja, hasilnya tidak akan efektif dan juga memuaskan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana Strategi Kepemimpinan Kepala KUA dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung?. 2) Bagaimana Solusi Kepala KUA Mengatasi Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Strategi Kepemimpinan Kepala KUA dalamMeningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung. 2) Untuk Mengetahui Solusi Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Kepala KUA dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dapat juga disebut sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan taksonomi yang bersifat deskriptif, menganalisis strategi kepemimpinan kepala KUA dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai di KUA Kecamatan Siliragung. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya adalah: 1) Strategi kepala KUA dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai di KUA Kecamatan Siliragung yaitu pertama mengenali personal dengan baik, kedua pengakuan terhadap performance pegawai, ketiga keterbukaan terhadap pegawai, dan keempat memberikan rasa aman. 2) Faktor pendukung yaitu, pertama Amanah dari Allah SWT, kedua punya kedudukan status, dan yang ketiga mendapatkan kompensasi. Faktor penghambatnya yaitu, pertama pemberian tugas tidak sesuai keinginan pegawai, kedua kemampuan lembaga terbatas dalam pemberian fasilitas dan insentif. Dan Strategi kepala KUA dalam mengatasi faktor pendukung dan penghambat yaitu, pertama melakukan pendampingan dan selalu memberikan motivasi, kedua pendekatan terhadap personal pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:04
Last Modified: 18 Aug 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item