Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Arifiana, Eka Aprilia (2021) Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eka Aprilia Arifiana_T20178048.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsep diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Pandangan individu yang berbeda-beda tentang pelajaran biologi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pandangan tersebut adalah sebuah gambaran mengenai konsep diri siswa terhadap pelajaran biologi. Siswa yang memiliki konsep diri positif akan lebih percaya diri dan optimis dalam proses pembelajaran, sedangkan siswa yang memiliki konsep diri negatif akan mengkonsepsikan dirinya tidak mampu dalam menghapi tantangan�tantangan dalam pembelajaran biologi. Sehingga meningkatkan konsep diri penting bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar terutama pada pelajaran biologi. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana konsep diri siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Apakah ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan konsep diri siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun 2021/2022. 2) Untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember 2021/2022. 3) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode survei yang dilakukan di SMAN Jenggawah Jember. Populasi meliputi siswa kelas X MIPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS version 25 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep diri siswa di SMAN Jenggawah Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 49%, kategori tinggi sebesar 51%. 2) Hasil belajar siswa di SMAN Jenggawah Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 81%, kategori tinggi sebesar 19%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap hasil belajar siswa di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan hasil uji statistik F pada konsep diri diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (1232,016 > 3,92) dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkang uji statistik t pada variabel konsep diri diperoleh nilai thitung > ttabel (35.100 > 1.978) dengan taraf kepercayaan 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:34
Last Modified: 18 Aug 2022 04:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item