Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Keislaman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di MTs Unggulan Nuris Jember

Mufida Alim, Aminatul Zulfa (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Keislaman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di MTs Unggulan Nuris Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatul Zulfa Mufida Alim_T20177028.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Penanaman konsep matematika pada peserta didik erat kaitannya dengan proses belajar mengajar di sekolah. Bahan ajar yang digunakan sangat mendukung pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik. Maka dari itu diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Matematika dengan Islam mempunyai keterkaitan sesuai dengan yang termuat pada Al- Qur’an. Pada peserta didik yang berada di madrasah terbiasa dengan pelajaran agama Islam sehingga bahan ajar matematika yang diintegrasikan dengan keislaman diharapkan mampu mendorong peserta didik untuk dapat memahami konsep matematika dengan baik. Melalui bahan ajar, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi keislaman pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi keislaman pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk kelas VIII di MTs Unggulan Nuris Jember. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi keislaman pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk kelas VIII di MTs Unggulan Nuris Jember Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tiga tahapan ADD yaitu: (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Penelitian ini hanya sampai pada tahap development atau pengembangan dikarenakan masa pandemi Covid-19. Fokus pengembangan pada penelitian ini yaitu menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi keislaman materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk kelas VIII yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan produk meliputi tahap analysis yakni analisis kebutuhan peserta didik dan analisis kebutuhan peserta didik tentang Islam, tahap design yakni pengumpulan sumber referensi, menyusun desain produk, dan menyusun desain instrumen, tahap development yakni uji kevalidan produk oleh validator. 2) Hasil penilaian produk LKPD terintegrasi keislaman diperoleh rata-rata persentase dari ketiga validator ahli sebesar 88,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa produk LKPD yang dikembangkan telah mencapai kriteria valid berdasarkan penilaian validator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:16
Last Modified: 29 Sep 2022 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item