STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM AT-TAUFIQ CURAH TAKIR

Rifqi Triyono, Hisam (2022) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM AT-TAUFIQ CURAH TAKIR. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HISAM RIFQI TRIYONO_T20151359_SETELAH SIDANG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Membaca Al-Quran bagi umat islam adalah bentuk ibadah kepada Allah SWT. Umat islam yang belajar dan mengajarkan ilmu Al-Quran yang telah dipelajarinya kepada orang lain adalah bentuk dari ibadah yang paling utama menurut Nabi Muhammad SAW, karena dalam hal ini bertujuan selain untuk memelihara ayat-ayat Al-Quran juga sebagai sebuah bentuk pendidikan untuk generasi penerusnya agar selain dapat membaca Al-Quran, anak juga dapat memahami isi yang terkandung dalam Al-Quran bahkan dapat mengamalkan ajaran-ajarannya di dalam kehidupan sehari-harinya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dengan menggunakan tilawatil Quran siswa di MTs Miftahul Ulum At-Taufiq Curah Takir?; 2) Bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran dengan menggunakan tartilul Quran siswa di MTs Miftahul Ulum At-Taufiq Curah Takir?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dengan menggunakan tilawatil Quran siswa di MTs Miftahul Ulum At-Taufiq Curah Takir; 2) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran dengan menggunakan tartilul Quran siswa di MTs Miftahul Ulum At-Taufiq Curah Takir. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MTs Miftahul Ulum At-Taufiq Curah Takir yaitu pembiasaan, keteladanan, ceramah, metode musyafahah, dan drill,. 2) Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MTs Miftahul Ulum At-Taufiq Curah Takir yaitu guru PAI di sekolah tersebut mempersiapkannya dengan menyusun perencanaan yang berupa menentukan tujuan yang akan dicapai, memilih pendekatan, menetapkan prosedur, memilih metode, serta menentukan indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: HISAM HISAM RIFQI HISAM RIFQI TRIYONO
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:54
Last Modified: 19 Aug 2022 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item